Pj Gubernur Suganda Ajak Masyarakat Babel Tuntut Ilmu di IPDN

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, PANGKALPINANG,- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, mengajak anak-anak di Kepulauan Babel, untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan, yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Ia menyebut, hingga kini, jumlah alumni IPDN di Kepulauan Babel, masih berjumlah 331 orang alumni. Jumlah itu, lanjut Pj Gubernur Suganda, masih tergolong sedikit. Menurutnya, jika anak-anak Kepulauan Babel melanjutkan pendidikan di institut yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, selain biaya di tanggung oleh pemerintah, lulusan IPDN langsung bisa mengabdikan dirinya untuk kemajuan Indonesia, khususnya Negeri Serumpun Sebalai.

Demikian disampaikan Pj Gubernur Suganda, dalam sambutannya, saat menghadiri acara Malam Puncak Tradisi Korps Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (Trakorps IKAPTK) Provinsi Kepulauan Babel tahun 2023, yang berlangsung di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Minggu (30/07/23).

“Saya adalah alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Neger (STPDN). Saat ini, Alumni Sekolah Tinggi Kepamongprajaan di Kepulauan Babel masih sangat sedikit sekali. Mari bergabung untuk menempuh pendidikan di IPDN, sekolah di sana semuanya gratis dan langsung mendapatkan pekerjaan,” ujar Pj Gubernur Suganda.

“Mudah-mudahan di tahun akan datang, anak – anak kami dari Negeri Serumpun Sebalai, banyak yang bergabung di IPDN. Namun yang terpenting, di IPDN diajarkan bagaimana mencintai bangsa Indonesia ini, untuk menjadi negara yang hebat dan luar biasa. Kami yakin dan percaya, masyarakat Kepulauan Babel mempunyai tekad yang sama, untuk terus memajukan Indonesia yang kita cintai ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Suganda mengatakan bahwa sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, Pamong Praja dan IKAPTK Kepulauan Babel, dituntut untuk berada di tengah-tengah masyarakat. Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Suganda mengucapkan terimakasih kepada Panitia dan pengurus IKPTK, yang telah melaksanakan kegiatan tersebut bersama-sama dengan masyarakat.

“Kalau tahun-tahun yang lalu Tradisi Koprs ini hanya disajikan untuk praja, tetapi tahun ini kita bersama-sama masyarakat. Dan semoga tahun-tahun berikutnya, terus dilaksanakan bersama masyarakat, seperti hari ini,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, mengucapkan terimakasih kepada pengurus IKPTK, karena mengadakan kegiatan tersebut selama tiga hari berturut-turut. Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh IKAPTK, sangat menghibur masyarakat serta menghidupkan UMKM yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Kami senang, kami bahagia karena selama tiga hari ini, masyarakat Kota Pangkalpinang disajikan beragam hiburan. Masyarakat kami ini, apabila ada hiburan, mereka sudah terhibur. Selain itu, melalui acara ini, UMKM dapat menjual produknya berupa kue dan makanan serta minuman, ke masyarakat,” ungkap Maulan Aklil.

Sebelumnya, Ketua DPP IKPTK Kepulauan Babel, M. Haris menuturkan, bahwa kegiatan Trakorps IKPTK Kepulauan Babel tahun 2023, diselenggarakan untuk terus menjalin tali silaturahmi bagi Alumni IPDN dengan masyarakat Kepulauan Babel.

“Kegiatan ini berlangsung tiga hari sejak tanggal 28 sampai 30 Juli 2023, dengan kegiatan silaturahmi dan kegiatan sosial, antara lain Pasar UMKM dan Pasar Murah, Manglayang Fun Run, Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA/MA Negeri dan Swasta, Donor Darah, Lomba Display Drumband serta Pemberian Bantuan Sosial Bhakti Abdi Praja, kepada Lansia dan Anak Yatim. Ini tentunya akan mendekatkan kebaikan dan memperkuat ikatan persaudaraan,” jelasnya.

Selain itu Menurut Haris, Trakorps yang diselenggarakan di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang tersebut, bertujuan untuk memperkokoh semangat kekeluargaan dan jiwa korsa di antara sesama Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan.

“IKPTK memaknai hidup bukan hanya seberapa banyaknya harta, tetapi seberapa banyak kita berbuat dan memberi. Untuk itulah dalam aktualisasi bhakti kami untuk negeri, kami seluruh jajaran siap melaksanakan tugas yang diamanatkan,” tukasnya.

Diketahui, dalam Acara Malam Puncak Trakorps IKAPTK Babel Tahun 2023 itu disuguhkan penampilan artis Ibukota, Dide Hijau Daun. Tampak Pj Gubernur Suganda, yang didampingi sang istri, Maya Suganda Pasaribu, ikut larut dalam kebersamaan, dengan turut menyanyi bersama ribuan masyarakat yang hadir di acara tersebut.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90