Hari Anak Nasional Ke-39 Tahun 2023, Momen Untuk Saling Menjaga Dan Melindungi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI , SEMARANG,- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, bersama Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Babel, Maya Suganda Pasaribu menghadiri kegiatan Puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 tahun 2023, yang dipusatkan di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/7/23).

Dengan mengangkat tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, Puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional Ke-39 dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin bersama istri, Ny. Wury Ma’ruf Amin.

Ditemui usai mengikuti Puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional Ke-39, Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional merupakan momen yang spesial untuk menghormati dan memperingati hak-hak anak serta mendorong perlindungan, pendidikan, dan kesejahteraan anak-anak, oleh karenanya semua pihak diharapkan untuk saling melindungi dan menjaga.

“Momen Hari Anak Nasional ini adalah momen kita merayakan bersama anak. Dan sesuai dengan instruksi dari Bapak Wakil Presiden, kita harus mendengar dan melaksanakan apa yang telah disuarakan oleh anak-anak” ungkapnya.

Pj Gubernur Suganda berharap agar Provinsi Kepulauan Babel dalam mewujudkan hal itu, dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak dan menjadi Provinsi Layak Anak.

“Ini yang akan kita kejar, sehingga anak-anak di Bangka Belitung menjadi anak-anak yang hebat, anak-anak yang cerdas, serta anak-anak yang bisa berinovasi ke depan” harapnya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK yang sekaligus Bunda PAUD Babel, Maya Suganda Pasaribu menyampaikan, melalui 10 Program Pokok PKK dengan Pokja-pokjanya, dan program PAUD yang bersinergi dengan PAUD Kabupaten/Kota akan terus mendukung dalam pemenuhan hak anak.

“Melalui 10 Program Pokok PKK dan Prigram PAUD kita akan melaksanakan berbagai program kegiatan, untuk terus mendukung, khususnya kepada keberpihakan dan pemenuhan hak-hak anak dan perempuan” jelasnya.

Arahan Wakil Presiden Republik Indonesia

Sebelumnya dalam arahannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin menyatakan kebahagiaannya bisa bertemu dengan anak-anak Indonesia.

“Saya merasa bahagia dan bangga, dapat bertemu dengan anak-anakku, dan cucu-cucuku dari seluruh Indonesia. Hari ini dari kota Semarang, Saya ucapkan Selamat Hari Anak Nasional tahun 2023, untuk anak Indonesia di manapun kalian berada” sapa Wakil Presiden.

KH Ma’ruf Amin juga berharap semoga anak-anak ini selalu sehat, selamat dan semangat belajar, untuk mengukur prestasi, meraih cita-cita, membangun bangsa, sesuai dengan talenta yang mereka miliki.

“Hari Anak Nasional membawa makna penting, karena merupakan bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak-anak sebagai generasi penerus kita, amanat ini adalah tanggung jawab seluruh elemen bangsa” ungkapnya.

Mendengar apa yang disuarakan anak melalui Forum Anak Nasional (FAN) Wakil Presiden menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah, untuk mendengarkan dan melaksanakannya.

“Saya mengajak untuk memprioritaskan dan mengoptimalkan penyelenggaraan perlindungan anak, kembangkan kebijakan dan program yang kreatif dan inovatif, menjamin pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Dan pastikan anak-anak mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi” harapnya.

Hadir dalam kegiatan itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga para Gubernur dan Bupati Walikota Se-Indonesia, Kepala DP3CSKB Babel, Asyraf Suryadin, Forum Anak Nasional serta organisasi dan komunitas pegiat anak.

Puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional Ke-39 tahun 2023 ini dilakukan secara _hybrid_, dengan peserta luring sebanyak 2.500 anak, dan peserta daring dari Seluruh Indonesia sebanyak 10.000 anak.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90