Gotong – Royong Sebagai Budaya Masyarakat

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Heni (Ibu Rumah Tangga)

Gotong royong merupakan salah satu budaya masyarakat Desa.Di Kabupaten Bandung ada sebuah desa yang indah yaitu Desa Lamajang,kecamatan Pangalengan,desa tersebut berada di sebuah lembah yang diapit oleh pegunungan.Dengan penduduk sekitar 11.813 Jiwa,terdiri dari penduduk laki-laki 5.961 Jiwa,penduduk perempuan 5.852 Jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga 3.830 KK.

Masyarakat Desa Lamajang sebagian besar bekerja sebagai petani,ada yang bekerja sebagai buruh,pegawai swasta,PNS,pedagang dll.Keseharian masyarakat desa mendukung kestabilan kehidupan di masyarakat dan menekan angka pengangguran.

Salah satu bentuk dukungan untuk menstabilkan kehidupan yaitu dengan
Tersedianya areal pertanian yang cukup luas baik lahan sawah maupun berupa lahan kebun dan tentu saja dengan pengairan yang memadai dengan baik.Sumber air yang mengalir di Desa Lamajang cukup banyak yaitu berupa tujuh sungai dan air pembuangan Kolam Tando PLTA Cikalong.

Budaya gotong royong mesti kita serukan lagi,sebab budaya gotong royong ini seiring berjalannya waktu budaya ini hampir jarang terlihat lagi di pedesaan.Hal ini dikarenakan masyarakat desa sudah mulai terpengaruhi oleh budaya modern,dan tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat desa terhadap budaya gotong – royong semakin kesini semakin berkurang.

Padahal islam memandang budaya gotong – royong adalah perintah dari Allah,yang telah menciptakan manusia dan alam semesta,manusia diciptakan oleh Allah dalam keadaan bersuku-suku,berkelompok-kelompok,berlatar belakang beda satu sama lain,dan memiliki ciri khas yang berbeda pula.

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki nilai-nilai interaksi, mempunyai kemampuan saling beradaptasi,dan kekuatan untuk membangun sebuah sinergi.Manusia adalah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain.

Dengan bergotong royong dapat menjadikan masyarakat menjadi lebih berdaya dan juga sejahtera,berbagai masalah kehidupan masyarakat dapat dipecahkan secara mudah dan murah.Sudah sepantasnya kita untuk saling bergotong -royong diantara sesama manusia,saling mengajak untuk berbuat kebaikan dan menjauhkan keburukan.

Seperti firman Allah dalam QS Al Maidah : 2 yang berbunyi “…dan tolong -menolonglah kamu dalam(mengerjakan) kebajikan dan taqwa dan jangan tolong -menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran,dan bertaqwalah kamu kepada Allah,sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”.
Wallahu’alam bishshawab.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90