Wisata Rohani, Makam Pangeran Santri Makin Banyak Dikunjungi Peziarah Ada Yang Datang Dari Luar Jawa

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Jeky Epsa

Koran Sinar Pagi, Sumedang – Makam Pangeran Santri yang berlokasi di kota Sumedang tepatnya di makam Pasarean Gede, Jalan Prabu Geusan Ulun, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Makam itu ternyata sering dikunjungi peziarah dari lokal Sumedang hingga luar Sumedang bahkan lintas Pulau Jawa.

” Selain warga Sumedang sendiri, sering juga dikunjungi peziarah luar Sumedang. Mereka datang dari, Majalengka, Cirebon, Subang, Jakarta, juga ada dari luar Jawa Barat, diantaranya Jawa Tengah, Jogyakarta, Jawa Timur bahkan dari Pulau Sumatera khususnya dari Aceh dan juga Palembang”, ujar Kuncen Makam Pangeran Santri, Abah Nana Juhana, saat di lokasi, Kamis, ( 20/7/2023).

Meraka datang, lanjut Nana, kebanyakan secara rombongan tapi ada juga yang datang sendiri.

” Para peziarah itu datang dengan maksud bermacam- macam. Saya hanya.menerima kedatangan mereka saja namun tentang maksud silahkan dihati masing – masing saja”, ucap nya.

Untuk tawasul ( Berdo’a) dikatakan Nana, para tamu ada yang langsung oleh masing – masing tapi ada juga yang meminta ke saya untuk memimpin doa

” Hal itu kami persilahkan saja bagus nya keinginan peziarah seperti apa”, tandas Nana.

Diantara peziarah ada yang datang siang hari tapi banyak juga yang datang malam hari, ” diantara mereka ada yang menginap tapi ada juga yang langsung pulang lagi. Kalau tamu jauh kebanyakan mereka menginap”, jelas Nana.

Dari keterangan peziarah, Nana menyebutkan, banyak keanehan yang terjadi diantaranya ada yang ingin hutangnya lunas, alhamdulilah bisa terselesaikan, ada yang ingin naik pangkat, ada yang ingin anaknya cepat mendapat kerjaan dan banyak juga cerita keanehan lainya.
” Semua itu saya hanya menangkap obrolan mereka saja. Iya dan tidaknya hanya orang tersebut dan Allah yang tahu. Namun kian hari kian banyak para peziarah yang datang. Ada yang datang atas kemauan sendiri, ada yang datang karena petunjuk gurunya, bahkan banyak juga yang datang atas petunjuk mimpi “, ungkap Nana.

Diketahui Pangeran Santri lahir pada 25 Maret 1505 dan wafat tahun 1579 dikenal juga dengan nama Koesoemadinata I merupakan seorang ulama Islam yang juga Raja Sumedang Larang keturunan Nabi Muahammad s.a.w ke 26 dari garis keturunan ayahnya yang bernama Pangeran Muhammad atau Pangeran Pamelekaran bin Pangeran Panjunan bin Syech Nurjati Cirebon ( Syech Datul Kahfi).

Beliau merupakan ayahanda dari Prabu GeusanUlun ( Angkawijaya) yang kemudian dinobatkan menjadi Raja Padjajaran.

” Maka tak heran bila makam Pangeran Santri kian hari kian banyak dikunjungi peziarah karena beliau merupakan tokoh besar yang dari keturunannya melahirkan raja – raja Sumedang “, pungkas kuncen, Abah Nana Juhana.****

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90