Desa Batu Merah Gelar Kegiatan Rembuk Stunting 2023

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Roy P

Kota Ambon – Pemerintahan Negeri Batu Merah menggelar kegiatan Rembuk Stunting untuk menekan atau angka Stunting yang ada di wilayahnya, Kamis (20/07/2023), di ruang aula balai Pemerintah Negeri Batu Merah, Kamis(20/07/23)

Turut hadir Penjabat Pemerintahan Negeri Batu Merah, Diana Sakliressy, Kepala Dinas P3AMD, Sekertaris Negeri, Kepala Dinas BKKBN Kota Ambon, Patty dan masyarakat serta para RT setempat.

Pj Pemerintahan Negeri Batu Merah, Sakliressy menegaskan upaya penanganan Stunting bukan hanya soal mengatasi anak-anak penderita kondisi itu, tetapi harus dari upaya pencegahan sejak dini.

“Kita tidak bisa hanya fokus mengatasi anak-anak penderita stunting. Yang.mesti dilakukan adalah pencegahan sejak dini melalui pendampingan terhadap ibu hamil, supaya pencegahan dilakukan sejak prosesnya, bukan saat anak lahir,” katanya.

Lebih jauh mengungkapkan, berdasarkan audit, pada bulan Mei 2023 angka stunting di kota Ambon kembali menurun, namun hasilnya masih menunggu rilis dari pusat. Karena itu, komitmen bersama seluruh “stakeholder” sangat diperlukan untuk memberantas stunting di ibu kota Maluku ini.

Di kesempatan yang sama Menurut kepala dinas BKKBN kota Ambon bahwa Desa Batu Merah merupakan lokus Stunting 2023 ada 12 Lokus yang ada di kota Ambon antara lain kecamatan Sirimau Negeri Soya, Kelurahan Waihoka, dan batu merah sendiri, untuk itu di harapkan bahwa 22 anak yang di kategorikan Stunting ini bisa tertangani,

“Kami dari pemerintah kota Ambon juga sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan bantuan gizi buat anak anak ini,berupa makanan tambahan,dan makanan pendamping selama 14 hari dan juga pola asuh anak, Sehingga di harapkan anak anak Stunting yang data 366 ini bisa tertangani dan teratasi,” ujarnya.

Lanjut bahwa untuk saat ini para penderita Stunting yang ada di kota Ambon cukup turun dari 509 turun menjadi 366 penderita itu sesuai laporan dari kepala Bappeda tim percepatan dan pak Walikota 366 setelah di validasi dan di audit,

Kata Patty bahwa dari program pemerintah pusat untuk menekan angka Stunting sampai diturun di 14 persen .kami berharap dan mudah mudahan komitmen dari pak wali dan ibu ketua PKK yang luar biasa ini membuat OPD OPD harus punya semangat dalam penanganan Stunting,baik yang konvergensi, spesifik maupun sensitif kita harus berkolaborasi bersama sama dalam hal penurunan Stunting,

“Kami juga berharap kepada ketua ketua RT yang kami berikan penguatan kapasitas ini mereka juga bisa membantu pemerintah kota untuk bagaimana cara mereka ada bersama dengan masyarakat mereka masing masing untuk melihat penanganan Stunting ini,Diharapkan juga mereka yang perduli pada warga setempat untuk membantu mereka yang berdampak Stunting,” Pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90