Dunia Birokrasi Kita

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Ero Ansori
(Praktisi Pendidikan)

Ya Allah…..ternyata setelah saya berkomunikasi dengan beberapa pengambil kebijakan ternyata banyak pejabat berfikirnya seperti mesin/robot, tidak ada namanya pertimbangan ataupun kebijaksanaan.
Padahal kita semua bisa sukses karena adanya kebijaksanaan.

Kalau cara berfikir robot kita gunakan dalam dunia pendidikan, akan lahir manusia2 yg betwatak keras, cara berfikirnya tidak ada pertimbangan2. Kita jadi sarjana saja tidak murni sukses karena diri kita tapi ada ikut andilnya kebijaksanaan dari seorang guru atau seorang dosen.

Kalau guru cara berfikirnya seperti robot atau mesin hanya berpatokan pada aturan maka langka ada siswa yg bisa lulus SMA apalagi jadi sarjana.

Jadi jangan lupa kita itu bisa sukses bisa jadi pejabat karena adanya kebijaksanaan.

Kalau bapak/ibu pernah jadi guru pasti tau. Saya sudah mengajar dimana- mana Jarang menemukan anak yg dapat nilai seluruhnya bagus diatas KKM dan mungkin termasuk kita pada saat sekolah.

Kalau para guru ini tidak bijak hanya berpatokan pada aturan tidak dibarengi dg kebijaksanaan mungkin dari satu kelas itu yg bisa naik murni 2 atau 3 orang , tapi karena guru bijak dan bijaksana apakah pernah mendengar bahwa siswa SMA tidak lulus 100 orang ?.

Ayolah kita berfikir bijak dan tidak merugikan orang.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90