Ketua KTNA Jawa Barat Hadiri Peringati Hari Krida Pertanian Tingkat Kabupaten Ciamis

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan bekerjasama dengan KTNA Kabupaten Ciamis menggelar acara Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 Tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Halaman Stadion Atletik, Kelurahan Linggasari, Senin (03/07/2023).

HKP Tahun 2023 mengambil tema “Penguatan potensi dan posisi tawar komoditi lokal untuk mewujudkan kedaulatan pangan berkelanjutan menuju mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua” dibuka secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Senin (03/07/2023).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa sektor pertanian dalam hal ini ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting sekali keberadaanya bagi keberlangsungan hidup manusia.

Menurutnya, jika sektor pertanian kokoh, maka ketahanan pangan akan kuat dan hal itu tidak akan lepas dari kontribusi dan perjuangan mereka para petani di Kabupaten Ciamis.

“Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting sekali, saya sendiri selaku Bupati atau pun Ketua KTNA, ASN kalau gak ada petani kita tidak ada apa-apanya” ucap Bupati.

Lebih lanjut Herdiat menuturkan,Oleh karenanya, keberpihakan kepada para petani dari pimpinan OPD maupun pemerintah daerah pada khususnya harus betul-betul ditingkatkan.

Kabupaten Ciamis dianugerahkan keadaan alam yang luar biasa berupa air yang melimpah serta tanah yang subur pemberian sang pencipta.

“Dalam mengoptimalkan kekayaan alam ini tentu harus ada upaya peningkatan SDM bagi para petani di Kabupaten Ciamis sehingga hasil yang akan diperoleh menjadi lebih maksimal dan lebih meningkat,” ucapnya.

Meski begitu, dengan potensi yang ada saat ini Ciamis telah mampu berkontribusi luar biasa kepada negara salah satunya sebagai lumbung pangan nasional dan pensuplay ayam terbesar ke dua nasional.

“Maka dari itu petani harus bersatu padu, bahu-membahu untuk sama-sama bangkit terlebih setelah tiga tahun kita dilanda pandemi,” ungkapnya.

Bupati Ciamis menyampaikan bahwa anugerah penghargaan di bidang pertanian yang diberikan oleh Presiden pada hakikatnya milik seluruh petani di Kabupaten Ciamis.

“Jangan salah arti, Satya Lancana Wira Karya pertanian bukan untuk Bupati, yang berhak adalah bapa ibu sekalian para pejuang pertanian di Kabupaten Ciamis,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KTNA Nasional Mohammad Yadi Sofyan Noor mengatakan bahwa Hari Krida Nasional merupakan hari bersyukurnya para petani dan hari dimana para petani menghasilkan produk-produk pertaniannya sebagai penyangga pangan di negeri ini.

Ia pun turut mengapresiasi atas penghargaan yang diterima oleh Bupati Ciamis dari Presiden RI di bidang pertanian, menurutnya penghargaan tersebut merupakan prestasi Bupati atas keberhasilanya membangun pertanian di Kabupaten Ciamis.

Ketua KTNA Jawa Barat Otong Wiranta menambahkan bahwa sektor pertanian menjadi tumpuan pada saat terjadi pandemi dan disaat pertumbuhan ekonomi di sektor lain mengalami penurunan.

“Pertanian adalah sektor yang berdiri kokoh meskipun beberapa waktu yang lalu kurang lebih 3 tahun kita di bantai Covid-19 dan beberapa saat ini dampak perang Rusia Ukraina, sektor pertanian tetap berkembang bahkan terjadi kenaikan ekspor di sepanjang tahun 2022 hingga 2023,” paparnya.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan meninjau Stand Pameran hasil pertanian KTNA Kecamatan se- Kabupaten Ciamis dan Stand Pameran Produk unggulan lainnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90