Kapolres Sibolga Irup Hari Bhayangkara Ke – 77 di Lapangan Simaremare

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Junmaidar S

Koran Sinar Pagi, SIBOLGA, – Pada hari Sabtu tanggal 1 Juli 2023 pukul 08.00 WIB, di Lapangan Simare-Mare Kota Sibolga, telah berlangsung Upacara Hari Bhayangkara Ke – 77 dengan tema “Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”. Upacara ini merupakan rangkaian perayaan untuk memperingati Hari Bhayangkara Ke – 77 Kepolisian Republik Indonesia.

Dalam Upacara tersebut, Inspektur Upacara dijabat oleh Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K., M.H., sementara Perwira Upacara dijabat oleh AKP Sugiono, S.H., M.H., dan Cadangan Paup AKP David Sinaga, S.H., M.Si. Sedangkan Komandan Upacara dijabat oleh IPDA Roland Risky Joshua, S.S.Tr., dengan cadangan IPTU Pennedi Sihotang.

Peserta Upacara terdiri dari pasukan bersenjata TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Sat Pol Air, serta pasukan bersenjata Polri. Selain itu, turut hadir juga barisan staf gabungan Polri, barisan Sat Reskrim, Sat Intelkam, dan Sat Narkoba, serta barisan dari KSOP, Sat Pol PP, Damkar Sibolga, Dishub, Pramuka, Pemuda Batak Bersatu (PBB), dan Organisasi Kepemudaan KNPI.

Kegiatan Upacara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Sekda Pemko Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM., MM mewakili Walikota Sibolga, Ketua DPRD Kota Sibolga Ahmad Sukri Nazri Penarik, Spd, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zebtumori, S.H., MAP., M.Kom, serta ppara pimpinan instansi terkait di Kota Sibolga.

Acara dimulai dengan persiapan dan kedatangan Komandan Upacara ke Lapangan. Setelah itu, dilakukan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara, laporan dari komandan upacara kepada Inspektur Upacara, dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Selanjutnya, dilakukan pengucapan Tribrata dan Catur Prasetya oleh Ipda Pasma Pasaribu, SE., M.M. (Tribrata) dan Ipda Rajo Irawan Lubis, S.H., M.H. (Catur Prasetya).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K., M.H., membacakan amanat Presiden. Dalam amanat tersebut, Presiden menyampaikan apresiasi atas pengabdian anggota Polri kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara. Presiden juga mengingatkan bahwa kepercayaan Masyarakat terhadap Polri perlu terus ditingkatkan, serta menekankan bahwa Polri harus terus memperbaiki diri dan melakukan reformasi guna menjaga kepercayaan dan keadilan dalam menjalankan tugasnya. Presiden juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam menghadapi tahapan Pemilu yang sedang berlangsung, serta mendukung Program Pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Presiden mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh Polri semakin berat, terutama dalam menghadapi tindak kejahatan yang semakin canggih dan lintas negara. Oleh karena itu, Polri perlu meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berinovasi dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Presiden menekankan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam institusi Polri. Setiap anggota Polri diharapkan menjalankan tugas dengan lurus, adil, dan tidak ada penyalahgunaan kekuasaan. Kualitas sumber daya Manusia Polri juga perlu dijaga, mulai dari tahap rekrutmen hingga sistem promosi. Pengawasan dan pendisiplinan juga harus diperkuat guna menjaga kualitas dan integritas Polri.

Presiden berharap agar Polri dapat menjadi “Bhayangkara Sejati” yang terus mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa, dan negara untuk kemajuan Indonesia.

Setelah pembacaan amanat Presiden, dilanjutkan dengan Andhika Bhayangkara sebagai bentuk penghargaan kepada anggota Polri yang berjasa dalam melaksanakan tugasnya. Kemudian, dilakukan pembacaan doa sebagai ungkapan syukur dan harapan atas keselamatan serta keberkahan bagi seluruh anggota Polri dan masyarakat.

Acara ditutup dengan lagu Hymne Polri, laporan dari komandan upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara telah selesai, serta penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara. Setelah itu, Inspektur Upacara meninggalkan lapangan, dan perwira upacara melaporkan bahwa upacara telah dilaksanakan.

Upacara Hari Bhayangkara ke-77 denga

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90