Peningkatan Kualitas Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit dalam Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran Sinar Pagi (Kota Bandung)-, HIMA MANAJEMAN RUMAH SAKIT Politeknik Piksi Ganesha menyelenggarakan Webinar Nasional. Dengan tema “Peningkatan Kualitas Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit dalam Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit”.

Dalam acara tersebut hadir oleh 3 narasumber yakni dari Universitas Luar yaitu Dosen Universitas Duta Bangsa Surakarta yaitu Puguh Ika L., S.KM.,M.KES. Dosen Praktisi Politeknik Piksi Ganesha yaitu Sani Fitriyani, A.MD.ARS.,SKM.,MMRS dan Dosen Politeknik Piksi Ganesha yaitu Anggie Agustine Dewi, S.ST., M.H.KES. Di pandu oleh Moderator Shafa Azmi Azizah Rozi
( Ketua Umum HIMA Manajemen Rumah Sakit Politeknik Piksi Ganesha ) dan opening di sampaikan oleh Direktur Politeknik Piksi Ganesha Dr. H. K. Prihartono AH, Drs., S.Sos., S.KOM., M.M., MOS., CMA., MPM

Ketua Hima Manajemen Rumah Sakit Shafa Azmi Azizah Rozi menyampaikan bahwa untuk webinar Manajeman Rumah Bertema “Peningkatan Kualitas Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit dalam Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit”

Ketua Pelaksana Webinar yaitu Alwan Alawi mengungkapkan “Syukur alhamdulillah karena acara webinar kali ini telah terlaksana dengan lancar, dan banyak terimakasih kepada tim Webinar Hima MRS yang telah bekerja sehingga terlaksana dengan baik,”ucapnya

Alwan Alawi juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Politeknik Piksi Ganesha dan Jajarannya yang telah mendukung penuh kegiatan webinar ini, juga ucapan terima kasih kepada narasumber dan peserta webinar yang sangat antusias dalam mengikuti rangkaian webinar ini.

Ketua pelaksana webinar juga menyatakan bahwa bagi peserta yang kurang paham akan materi yang disampaikan, berikut penjelasannya.
Pemateri 1 Anggie Agustine Dewi, S.ST., M.H.KES, tentang Peran Administrasi dalam Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit
” Rumah sakit Merupakan salah satu sarana kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Rumah sakit memberikan pelayanan yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Mutu pelayanan rumah sakit mempunyai 2 komponen yaitu pemenuhan standar mutu yang telah ditetapkan dan pemenuhan akan kepuasan pelanggan. Tugas administrasi rumah sakit melayani kebutuhan administrasi pasien, mengatur administrasi kepegawaian di rumah sakit, mencatat seputar fasilitas kesehatan di rumah sakit, mengatur jadwal dokter juga tugas administrasi rumah sakit.

Pemateri 2 Sani Fitriyani, A.MD.ARS.,SKM.,MMRS, tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Mutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan. Sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien (Kemenkes dalam Muninjaya
Strategi peningkatan mutu tahun 2020-2024)
1. Penguatan sistem kesehatan
2. Meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar dan rujukan
3. Penyempurnaan sistem akreditasi (Standar dan instrumen Akreditasi, Sistem Informasi, Penyelenggaraan Survei)

Pengukuran indikator nasional mutu dari aspek yuridis pengukuran melalui peraturan mentri kesehatan Republik Indonesia no 12 tahun 2020 tentang akreditasi rumah sakit, Mentri kesehatan Republik Indonesia pasal 13 dan pasal 6.

Peraturan mentri kesehatan Republik indonesia No 7 tahun 2021 Tentang Perubahan keempat atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan pasal 6. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2021 tentang akreditasi pusat kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium kesehatan dan unit tranpusi darah bagian keempat pasca akreditasi pasal 15.

Pemateri 3 Puguh Ika L., S.KM.,M.KES
Tentang Kesiapan Mahasiswa ARS dalam Menjaga Mutu Rumah Sakit
Materi yang dipaparkan mengenai :
1. Rumah sakit
Menurut UU no 44 tahun 2009 Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
2. Akreditasi RS
Merupakan pengakuan oleh lembaga independen pemyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri setelah dinilai bahwa RS tersebut memenuhj standar pelayanan RS yang berlaku, untuk meningkatkan mutu pelayanan RS secara berkesinambungan.
3. Mutu RS
Mutu pelayanan kesehatan yaitu tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan, sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien.
4. Administrasi RS
Rumah sakit adalah proses pengelolaan yang terkait dengan kegiatan operasional, manajemen, dan pengembangan yang terjadi disebuah RS.
5. Mutu Mahasiswa ARS
Diperlukan sumber daya manusia kesehatan yang berkompeten dalam menjaga mutu pelayanan kesehatan di RS.

Dari kegiatan webinar ini diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana cara meningkatkan kualitas mahasiswa dalam pelayanan mutu pelayanan, terutama di rumah sakit.

https://www.youtube.com/live/enbqpV3xGAg?feature=share

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90