Indahnya Curug Sindulang, Destinasi Wisata Air Terjun Kembar Yang Kerap Disangka Masuk Bandung Padahal Bagian Dari Sumedang

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Jeky Epsa.

Koran Sinar Pagi, Sumedang – Curug Sindulang yang sering disehut Cinulang merupakan curug yang berlokasi di Kabupaten Sumedang tepat nya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Jawa Barat tetapi curug itu kerap disangka masuk daerah Bandung di Kecamatan Cicalengka, padahal curug tersebut masuk daerah Sumedang.

Wajar bila orang salah menduga pasalnya untuk akses ke curug tersebut saat ini lebih mudah dari daerah Cicalengka, Kabupaten Bandung yakni melalui daerah Sindangwangi. Jadi wajar bagi yang tidak paham banyak menyebutnya masuk ke Bandung.

Curug Sindulang yang curugnya kembar itu tingginya mencapai 30 meter. Sumber air nya berasal dari mata air Pegunungan Kareumbi Masigit yang berada di daerah Kabupaten Sumedang.

Untuk menuju ke Curug Sindulang bila anda berpatokan dari Cileunyi ambil arah Garut, dan sekitar 8 kilo meter anda akan sampai di Jalan By Pass Cicalengka. Disana anda akan menemukan jembatan dengan ada petunjuk ke arah Villa Aki Enin yang berada disebelah kiri. Lantas ikuti jalan tersebut dan saat diperempatan bawah ( jembatan ) ambil ke kiri dan ikuti saja terus jalan tersebut. Letak Curug Sindulang kurang lebih 8 km dari belokan tersebut.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan umum dari Bandung ke Cicalengka dan disambung dengan angkutan pedesaan dari terminal Cicalengka Jurusan Sindulang Sindangwangi.

Jalan menuju Curug Sindulang kondisinya cukup bagus ditambah disepanjang jalan terdapat banyak view pegunungan yang indah. Salah satunya bentangan lembah yang tidak jauh dari jalan masuk diatas, kita bisa melihat lembahan yang luas dengan sawah terasering sungai dan background gunung dibelakangnya.

Fasilitas yang ada di Curug Sindulang diantaranya mushola, toilet juga terdapat banyak warung tempat makanan. Jadi anda tak perlu khawatir kalau lapar dan haus banyak pilihan disana.

Untuk tiket masuk anak – anak Rp 10.000 dewasa Rp 15.000, parkir motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000 dan untuk bis Rp 10.000 untuk jam operasional mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Menariknya curug ini selain keindahan alamnya yakni adanya dua curug dilokasi yang sama dari sumber mata air yang berbeda sehingga orang kerap menyebutnya curug kembar.

Bila anda berkunjung kesana disarankan untuk membawa baju ganti dan jaket karena udaranya sangat dingin. Selain itu tentunya persiapan lain bila diperlukan membawa obat – obatan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90