Momentum Milad Ke-44 UM Palembang, Menyusun Rencana Strategi Kedepan Melalui Human Invesment

  • Whatsapp
banner 768x98

Penulis : Muhamad Afdoli Ramadoni, M.Sos,
Dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Palembang

Universitas Muhammadiyah Palembang adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di nasional, serta dikenal sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatera Selatan, berlokasi di Kota Palembang yang memiliki visi menjadi universitas nasional berkelas Internasional yang unggul dalam Ipteks berbasis keislaman.

Universitas Muhammadiyah Palembang berdiri pada 15 Juni 1979, sekarang memiliki 7 Fakultas S1 dengan 31 program studi dan 4 Program Studi S2.

UM Palembang dalam sense sejarah dan eksitensinya merupakan lembaga Pendidikan Islam Modern yang dikelola secara profesional, telah memberikan kontribusi signifikan dalam pembaruan dan pengembangan Pendidikan Islam maupun umum di Sumatera Selatan, antara lain adalah meningkatkan kualitas dakwah amal ma’ruf nahi munkar, meningkatkan kualitas pembinaan dan pengajaran, kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat, meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dibidang agama, politik, ekonomi, teknologi, birokrasi dan lainnya.

15 Juni 2023 Universitas Muhammadiyah Palembang memasuki usia ke – 44 tahun. Momentum ini terus berbenah diri untuk mewujudkan menjadi perguruan tinggi sehat dan mandiri serta memiliki komitmen bersama dalam membangun kampus hijau.

Selanjutnya juga menyusun rencana strategi ke depan yaitu human investment melahirkan manusia-manusia berpikiran besar. Dengan demikian tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan dapat menjamin perbaikan yang terus berlangsung dalam tingkat teknologi yang digunakan masyarakat.

Pertama, pendidikan dapat dipandang sebagai sarana investasi, akan memberikan implikasi secara ekonomi, melalui upaya pendidikan akan melahirkan tenaga kerja terdidik yang akan mengisi berbagai sektor pekerjaan, yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi langsung terhadap pertumbuhan pendapatan negara melalui peningkatan keterampilan dan kemampuan produksi dari tenaga kerja.

Kedua, pendidikan akan melahirkan lapisan elite sosial di dalam masyarakat yang bisa menjadi motor penggerak dan pelopor ke arah kemajuan. Masyarakat yang berpendidikan pasti akan lebih mampu menguasai ilmu pengetahuan, berwawasan, dan mempunyai visi yang menjangkau ke masa depan untuk mewujudkan bangsa yang maju.

Pendidikan merupakan sarana bagi proses mobilisasi sosial untuk membentuk sebuah kelas menengah terpelajar yang kritis, well informed, dan siap memasuki kehidupan modern, ini akan memperkuat basis struktur masyarakat, dan sekaligus menjadi faktor yang sangat penting dalam masyarakat demokratis.

Ketiga, pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Dengan bekal pendidikan yang baik, maka kemungkinan untuk mendapatkan akses pekerjaan menurut bidang keahliannya akan semakin terbuka lebar.

Keempat, pendidikan merupakan wahana untuk membangun dan meningkatkan martabat bangsa. Pendidikan yang baik jelas akan menciptakan manusia yang cerdas, masyarakat yang berkualitas, dan bangsa yang unggul dengan berbagai keahlian. Semua ini akan menghantarkan suatu bangsa ke dalam kehidupan yang bermartabat yang bercirikan antara lain: maju, makmur, sejahtera, yang melahirkan kualitas tertentu.

Melalui argumen tersebut Universitas Muhammadiyah Palembang turut andil dalam memajukan dan mengembangkan sistem Pendidikan yang mampu meningkatkan pemerataan mutu pendidikan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pembangunan, serta Pendidikan Iptek Berbasis Keislaman.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90