Menyoal Pendidikan Dan Teknologi

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Taufan Wais Al Qorni,S.Kom,MM (Guru SMAN1 Parungpanjang)

Membahas Esensi Pendidikan dan Teknologi dalam Konteks Kemanusiaan Pendidikan dan teknologi adalah dua elemen yang saling terkait dalam dunia modern. Namun, seringkali perdebatan muncul tentang peran dan hubungan antara keduanya. kenyataan esensi pendidikan dan teknologi, dengan penekanan pada pandangan bahwa teknologi seharusnya digunakan untuk kemanusiaan dan pendidikan, bukan sebaliknya, yaitu pendidikan dan manusia menjadi budak teknologi.

Pendidikan memainkan peran sentral dalam perkembangan manusia. Melalui pendidikan, individu diberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman tentang dunia di sekitar mereka. Tujuan utama pendidikan adalah membantu individu mencapai potensi penuh mereka sebagai manusia yang cerdas, kreatif, dan produktif. Pendidikan juga bertujuan untuk membentuk karakter, nilai-nilai, dan sikap yang positif dalam diri individu.

Di sisi lain, teknologi adalah alat atau aplikasi pengetahuan yang diciptakan oleh manusia untuk memudahkan kehidupan sehari-hari dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai bidang. Teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar, dan hidup secara keseluruhan.

Inovasi teknologi yang terus-menerus memberikan dampak besar pada dunia pendidikan, seperti penggunaan komputer, internet, perangkat mobile, dan platform pembelajaran digital.

Namun, dalam menghadapi perubahan teknologi yang pesat, ada kecenderungan bahwa pendidikan menjadi terlalu terpaku pada penerapan teknologi. Beberapa sekolah atau lembaga pendidikan mungkin menganggap penggunaan teknologi sebagai tujuan utama, tanpa mempertimbangkan apakah penggunaan teknologi tersebut benar-benar memberikan manfaat bagi proses pembelajaran. Ini dapat mengarah pada situasi di mana manusia dan pendidikan menjadi tergantung pada teknologi, dan bukan sebaliknya.

Penting untuk mengingat bahwa teknologi adalah alat yang seharusnya digunakan untuk mendukung dan memperkaya pengalaman pendidikan, bukan menggantikannya. Teknologi harus digunakan secara bijak dan strategis untuk meningkatkan pembelajaran, memfasilitasi akses ke sumber daya pendidikan, dan meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa.

Penggunaan teknologi yang tepat dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, interaktif, dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia yang terus berubah.

Selain itu, perhatian juga perlu diberikan pada aspek kemanusiaan dalam pendidikan. Pendidikan tidak hanya tentang pemberian informasi dan keterampilan, tetapi juga tentang membentuk karakter dan etika manusia. Nilai-nilai seperti empati, etika, keberagaman, dan keadilan harus ditekankan dalam proses pendidikan. Meskipun teknologi dapat menjadi sarana untuk mencapai tujuan ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90