Warga Pertanyakan Manfaat Acara City Sanitation Summit (CSS)

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Nia Umma Zhafran (Ibu Rumah Tangga)

Dilansir dari Jurnal Soreang.com (02/06)Kabupaten Bandung ditunjuk menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) 2023 ke XXI pada 14-16 Juni 2023 mendatang, berbagai persiapan sudah dan sedang dilakukan seluruh Organisasi perangkat daerah (OPD).

Dibalik persiapan Pemerintah Kabupaten Bandung yang hampir 100 persen, masih ditemukan masyarakat yang belum mengetahui dan bertanya apa manfaat dan efek negatif dari kegiatan CSS untuk warga.

Salah satu warga menuturkan, bahwa kondisi masyarakat pasca pandemi Covid 19 lebih membutuhkan bagaimana cara membangkitkan semangat hidup normal dan perekonomian. Sementara kegiatan CSS, yang akan digelar di Gedung Budaya dan salahsatu Hotel di wilayah Kecamatan Soreang, dalam pelaksaan CSS 2023 akan dihadiri ratusan kepala daerah se-Indonesia sebagai anggota AKKOPSI (Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi), jadi efek negatif dan makna untuk masyarakat seperti apa.
Pastinya menjadi tuan rumah dari program CSS mengeluarkan anggaran yang tidak kecil. Akan
lebih bijak dan baik dialokasikan untuk penataan trotoar dan drainase di kawasan Ibu kota Kabupaten Bandung yang sering terjadi banjir. Dan yang lebih urgensinya pasca pandemi Covid 19 ini, masyarakat memerlukan lapangan pekerjaan dalam memulihkan perekonomian.

City Sanitation Summit (CSS) merupakan ajang pertemuan untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi dan selanjutnya membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia agar Indonesia maju di tahun 2045.

Program CSS ini membutuhkan kolaborasi Pentahelix. Pentahelix merupakan bentuk kerjasama (multipihak) lima komponen kekuatan utama yakni akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah dan media yang bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan inovasi pengetahuan yang memiliki potensi untuk dikapitalisasi atau ditransformasi menjadi produk maupun jasa yang memiliki nilai ekonomis.
Konsep pentahelix dinilai dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk terlalu bergantung pada pemerintah dalam menghadapi persoalan di lingkungan sekitar masyarakat. Konsep pentahelix ini suatu bentuk lepas tangan pemerintah dalam mengurusi (meri-ayah) rakyatnya.

Kolaborasi multipihak dalam sistem Kapitalis-Sekuler di negeri ini hanya akan mencari keuntungan semata untuk pihak yang berkolaborasi tersebut. Melalui produk undang-undang, negara memposisikan dirinya sebagai regulator kepentingan oligarki. Negara tidak lagi berperan sebagai pelayan rakyat yang bertujuan mensejahterakan rakyat. Tapi pemerintah telah berubah menjadi pengusaha yang turut menjadikan rakyat sebagai sumber pendapatan negara, dengan menggadaikan kepemilikan umum menjadi milik individu atau swasta, bahkan asing untuk mengelola hajat hidup rakyatnya.
Bagi Kapitalisme, sesungguhnya manusia, alam, dan kekayaan intelektual wajib didedikasikan semata untuk meraih kesejahteraan para pemodal. Betapapun besar kerusakan non-materi yang ditimbulkan tidak akan diperhatikan oleh ideologi kapitalis ini.

Penanganan kerusakan dan pencemaran lingkungan mungkin saja akan dilakukan oleh negara yang tegak diatas kapitalisme ini, namun jika hal tersebut menambah keuntungan, bukan demi kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Seperti penanganan sampah di Garut yang dioptimalkan saat digadang-gadangkan menjadi wisata kelas dunia. Padahal penanganan sampah adalah kebutuhan masyarakat. Ada atau tidak adanya destinasi wisata. Sebab, ada hak rakyat untuk hidup bersih. Inilah gambaran yang berpihak pada kapitalisme.

Berbeda dengan Sistem Islam (Khilafah), di negara Khilafah pariwisata bukanlah sumber devisa negara. Sumber pemasukan negara berasal dari post fai, kharaj, ghanimah, zijyah, harta kepemilikan umum dan sedekah.

Kemudian program penanganan banjir yang telah terlaksana tidak memberikan solusi hingga saat ini. Karena berbagai solusi yang diusung sejatinya hanya solusi pragmatis yang tidak menyentuh akar persoalan. Persoalan pasalnya banjir dipengaruhi oleh dua faktor, yakni perubahan iklim dan manusia. Dan yang sangat berpengaruh adalah ulah tangan manusia yamg telah mengekploitasi alam secara berlebihan.

Program embangunan kapitalistik bukanlah pembangunan spirit dalam Islam. Negara tidak akan melakukan alih fungsi lahan dan memenuhi kepentingan segelintir orang demi meraih pertumbuhan ekonomi. Negara perlu memperhatikan pengelolaan lahan yang bersifat universal.

Dalam kapitalis soal kelestarian alam, kesehatan masyarakat dan keberlangsungan kehidupan di masa depan bukanlah urusan mereka. Berbeda dengan Islam, penguasa dalam sistem Islam betul-betul berperan sebagai pengurus dan penjaga umat. Hal ini karena konsep kepemimpinan dalam Islam adalah bahwa setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah kelak.
Maka seorang pemimpin dalam Islam akan menjalankan sistem pemerintahan sesuai syariat Islam. Syariat inilah yang menentukan mana yang halal dan haram, sehingga kerahmatan bisa dirasakan oleh seluruh alam.

Dalam menjaga keseimbangan alam, Islam menetapkan SDA termasuk hutan, sungai dan tambang sebagai milik rakyat. Maka tidak boleh di ekploitasi seenaknya. Islam juga mengatur soal penggunaan tanah. Tanah-tanah yang menjdi milik umum, seperti tanah yang mengandung tambang yang melimpah, sumber air dan saluran air serta jalan-jalan umum tidak boleh dikuasai oleh individu. Oleh karena itu pemerintah yang menyerahkan kebijakannya kepada swasta bertentangan dengan syariat.

Negara dalam Islam juga akan memperhatikan tata ruang seperti memetakan berbagai daerah yang rendah yang rawan banjir. Selanjutnya kebijakan negara melarang pembangunan pemukiman di wilayah tersebut. Negara juga membuat bendungan-bendungan selain mencegah banjir juga untuk irigasi. Bukti empiris atas hal ini masih dapat kita saksikan di beberapa wilayah, yakni kala Islam pernah berkuasa di wilayah Iran maupun Turki, misalnya.

Seraya dengan tegas melarang ekplorasi dan eksploitasi secara sembarangan. Alhasil, syariat Islam lah yang bisa meminimalisir bencana akibat kerakusan manusia. Dan syariat Islam Kaffah ini hanya bisa diterapkan dalam naungan Khilafah.

WalLaahu’alam

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90