Penutupan Workshop Sekolah Pasar Modal Politeknik Piksi Ganesha oleh Direktur Politeknik Piksi Ganesha

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Politeknik Piksi Ganesha menggelar kegiatan Workshop Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dilaksanakan pada Selasa s.d Kamis (06 Juni 2023 s.d 08 Juni 2023) di Ruang Digilib Cinema Kampus A Politeknik Piksi Ganesha dengan peserta dari dosen dan staf Politeknik Piksi Ganesha. Pemateri pada Workshop SPM ini adalah Sri Herlinawati selaku perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Andri Sutrisna Wakil Branch Manager Bandung selaku Perwakilan Bank Republik Indonesia Danareksa Sekuritas (BRIDS) dan Pa Toto Andrianto selaku BRIDS Advisor, serta beberapa Dosen dan Staf Politeknik Piksi Ganesha.

Pelaksanaan Workshop Sekolah Pasar Modal ini dibuka oleh Sambutan dari Direktur Politeknik Piksi Ganesha, Dr. H. K. Prihartono AH, S.Sos., S.Kom., M.M., MOS., CMA., MPM secara langsung di ruangan Digilib Cinema, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pemateri BEI dan BRIDS.

Hari pertama dimulai dengan pengenalan terhadap pasar modal, peran dan fungsi OJK dalam pengawasan industri pasar modal indonesia, konsep dan teori tentang investasi kepada para peserta sehingga dapat memberikan gambaran mengenai apa itu Pasar Modal dan berbagai produknya sampai dengan mekanisme perdagangan saham.

Hari kedua dilanjutkan dengan suasana yang lebih santai dan mengasyikkan, karena selain materi tentang teori pengenalan aplikasi online trading, peserta juga diajak untuk melakukan praktik trading secara langsung dipandu oleh pemateri. Dosen dan staf yang terlibat sebagai peserta terlihat begitu antusias dalam mencoba aplikasi trading online. Diberikan pula materi terkait market update dari Bursa Efek Indonesia dan analisa fundamental dan teknikal intermediate oleh Bank Rakyat Indonesia Danareksa Sekuritas (BRIDS). Terdapat doorprize yang diberikan oleh pemateri berupa top up RDN yang dapat langsung dicoba oleh peserta untuk melakukan investasi.

Hari terakhir dimulai dengan pengenalan reksadana dan obligasi oleh pemateri dan dilanjutkan dengan praktik menggunakan aplikasi untuk pembelian reksadana dan obligasi. Hari ketiga diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta, ditambah dengan doorprize dan voucher minuman yang menambah ketertarikan peserta dalam melakukan aplikasi trading. Materi ditutup dengan post test yang akan menguji atau menilai seberapa paham peserta dalam melaksanakan workshop sekolah pasar modal. Peserta dengan empat nilai tertinggi akan menjadi pengurus atau penanggung jawab dalam Galeri Investasi BEI Politeknik Piksi Ganesha.

Rangkaian acara Workshop Pasar Modal diakhiri dengan pengarahan dari Direktur Politeknik Piksi Ganesha yakni Bapak Dr. H. K. Prihartono AH, S.Sos., S.Kom., M.M., MOS., CMA., MPM sekaligus menutup rangkaian acara workshop sekolah pasar modal. Saat pengarahan beliau memberikan pesan kepada peserta dosen untuk dapat menyalurkan ilmu yang telah didapatkan kepada mahasiswa dan civitas akademika kampus Politeknik Piksi Ganesha.

Penulis : Rahmasiwi US (Politeknis Piksi Ganesha)

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90