Mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha Bandung Selesaikan PKL di RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, sistematik dan terarah langsung di dunia kerja. Di tingkat mahasiswa, PKL diimplementasi secara sistematis dengan cara mensinkronisasikan antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja. Untuk mencapai tingkat keahlian tertentu itulah, dilaksanakannya PKL yang dalam bahasa kemahasiswaannya biasa disebut magang

Berdasarkan arahan Dr. Prihartono AH., Drs., S.Sos., S.Kom., M.M., MOS., CMA., MPM., selaku Direktur Politeknik Piksi Ganesha juga mewajibkan seluruh mahasiswanya terjun langsung dan melihat bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya ini melalui kegiatan praktek kerja lapangan (PKL). PKL dilakukan di berbagai perusahan instasi ataupun rumah sakit yang berada di jawa barat dan sekitarnya. PKL ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat, Jl Rancaekek KM 27 No.612, Nanjungmekar, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Menurut Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat, drg. Tintin Farihatini, Msc.PH, RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat memiliki faslitas yang lengkap dan juga menerima pasien BPJS, meliputi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat, Jasa Raharja, Taspen, Serta menerima pasien asuransi dan umum.

PKL kali inipun telah dilaksanakan untuk fakultas kesehatan jurusan Rekam Medis Informasi Kesehatan (RMIK), Manajemen Rumah Sakit (MRS), dan Analis Kesehatan (AKS), di RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat dan juga di monitoring langsung oleh Tiris Sudrartono, S.E, M.M selaku dosen pembimbing lapangan PKL,  PKL ini di ikuti oleh Mahasiswa yang berjumlah 9 orang, (2 orang RMIK, 6 orang MRS, dan 1 orang AKS), Yakni Insan Husni Musfata (RMIK), Rizal Fathurohman (RMIK), Elsa Nurhasanah (MRS), Ghani Rizqi Hasani (MRS), Mochamad Reza (MRS), Ratih Nurlatipah (MRS), Riza Masitoh Hasifa (MRS), Yuliana (MRS) & Risma Chairunnisa (AKS)

Dan pada tanggal 6 juni 2023 dilakukan penutupan kegiatan PKL di RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat di mulai dari pukul 11.00-13.00 WIB. Yang dihadiri oleh Direktur RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat beserta jajaran nya, dan perwakilan lembaga Politeknik Piksi Ganesha. Kegiatan penutupan ini diawali dengan sambutan dari perwakilan rumah sakit lalu dilanjutkan dengan perwakilan lembaga Politeknik Piksi Ganesha. Setelah sambutan selesai maka dilanjutkan dengan pemaparan presentasi hasil Praktik Kejra Lapangan mahasiwa PKl di RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat. Presentasi ini dimaksudkan untuk menilai dan mengembangkan pola berpikir mahasiswa terkait masalah yang terjadi secara real di dunia kerja terutama di tempt praktik kerja lapangan yaitu RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat. Setelah presentasi telah selesai dilaksanakan maka sampailah pada penghujung acara yaitu foto bersama dengan seluruh jajaran rumah sakit yang hadir dan perwakilan lembaga serta mahasiswa PKL RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan PKL ini dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa politeknik piksi ganesha untuk masa depan mereka dan mendapatklan gambaran dunia kerja yang sebenarnya. Dan kepada mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha dapat memenuhi target sesuai dengan logbook yang ditetapkan Lembaga.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90