Wabup.Sukabumi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi melaksanakan upacara hari lahir Pancasila ke 78 tahun tingkat Kab. Sukabumi, di pelataran alun-alun Palabuhanratu. Kamis, (1/6/23), dengan mengusung tema “Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri selaku pemimpin upacara membacakan pidato presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang menegaskan bahwa Pancasila digali dan lahir dari Bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya semua bangsa indonesia mengaktualisasikan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural”.

Dijelaskan Presiden, keberadaan pancasila merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa indonesia, pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Pengamalan nilai-nilai pancasila sangat sederhana, warga negara indonesia untuk saling menghargai, bekerjasama dan saling menghormati”.

Dikatakan Presiden Jokowi, saat ini bangsa indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid-19, hal tersebut membuktikan kekuatan pancasila dan kekuatan bangsa indonesia.

Selain itu, kedepan akan mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045 dan impian Indonesia di 2085 menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia berkecerdasan mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

“Menjadikan bangsa yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai etika. menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia”.

Menghadapi Pemilu serentak di Tahun 2024 sambungnya, seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. Tidak hanya itu, masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di indonesia.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila. jiwa dan roh pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas bangsa,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo berpesan, agar masyarakat Indonesia terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan indonesia yang akan membangun peradaban kedepan.

“Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, pancasila”, harapnya.

Selanjutnya, seluruh peserta mengikuti upacara hari lahir Pancasila yang dipusatkan di Lapangan Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat bersama Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo secara virtual di Aula Sekretariat Daerah Kab. Sukabumi.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90