Dalang Cilik Tulungagung Sabet Juara UNY 2023 Di Pendapa Tedjakusuma

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Ok

Koran SINARPAGI, Kab. Tulungagung,- Sebuah Anugerah yang telah diberikan Tuhan Yang Mah gia Esa, Kepada Danang, SMPN 1 Bandung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Pada Tanggal 15 – 19 Mei Tahun 2003. Berhasil meraih juara 3 di Festival Dalang Cilik UNY 2023 dalam rangka DIES UNY Ke-59 di Pendhapa Tedjakusuma, FBSB UNY.

Rahadi Puspita Bintara, SE, MSi, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung amat bangga kepada Dalang Cilik yang satu ini, yaitu Danang dari SMPN 1 Bandung Tulungagung bisa memainkan sebuah seni wayang kulit dan bisa menyabet juara 3 di Festival Dalang Cilik UNY 2023, “Selalu semangat dalam belajar dan raihlah impian dan cita citamu”. Tuturnya.

Menurut Ahmad Baharudin DPRD Tulungagung Komis A Bidang Hukum, Pemerintahan dan Pendidikan, Dalang memang salah satu profesi yang terhitung sulit di dunia seni. Sebab dalam waktu bersamaan seorang dalang harus bisa memecah dirinya menjadi beberapa kegiatan, misalnya kaki menjejak keprak, tangan bermain wayang, mulutnya menyuarakan antawacan dialog lalu telinganya mendengarkan iringan gamelan. “Itu sangat sulit dan kompleks, bila tidak bisa fokus maka dalang tidak bisa menampilkan permainan yang indah dan harmoni untuk ditonton, begitupun Pemerintah Daerah mudah mudahan bisa memberi apresiasi dan memfasilitasi” Ujarnya. Ahmad Baharudin berharap para dalang cilik ini bisa ngurubke dan ngirabke kebudayaannya sendiri.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90