Keunikan Pemanfaatan Mangga Gedong Gincu Khas Majalengka

  • Whatsapp
banner 768x98

Penulis : Zevira Saffa Komara,
Mahasiswa Agribisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Kabupaten Majalengka ialah sebuah kabupaten yang terletak di tatar sunda tepatnya pada Provinsi Jawa Barat. Daerah yang kerap disebut dengan julukan ‘Kota Angin’ itu bukan tanpa alasan dijuluki sebagai Kota Angin. Hal tersebut lantaran angin yang berhembus di Majalengka rata – rata berhembus dengan kencang setiap hari nya. Berbicara mengenai daerah Majalengka, sebagai suatu daerah selain memiliki julukan yang menjadi ciri khas nya tentu Kabupaten Majalengka juga pasti memiliki ciri khas lainnya.

Ada banyak ciri khas dari daerah dengan julukan ‘Kota Angin’ tersebut. Mulai dari makanan, barang, serta ikon yang merujuk pada ciri khas Majalengka. Sebagai contohnya pada makanan, Majalengka memiliki banyak makanan khas nya, berikut ini tiga makanan yang terkenal dengan ciri khas nya diantara lain yaitu Kecap asli Majalengka, Durian Sinampeul, dan yang paling utama ialah Mangga Gedong Gincu.

Dikatakan “yang utama” karena Mangga Gedong Gincu adalah oleh – oleh yang sangat khas di Majalengka, banyak wisatawan dari luar daerah yang penasaran dengan Mangga Gedong Gincu, bahkan Mangga Gedong Gincu khas Majalengka ini seringkali dikirim ke luar daerah sebagai bentuk bisnis karena mangga ini tergolong sangat laris di pasaran.

Hal tersebut disebabkan karena mangga ini hanya dibudidayakan di Majalengka. Meskipun terdapat juga di daerah lain nya seperti Cirebon, Indramayu, dan Sumedang tetapi cita rasa dan aroma dari Mangga Gedong Gincu khas Majalengka tetap memiliki ciri khasnya tersendiri.

Disamping itu, teknik budidaya dari Mangga Gedong Gincu ini juga cukup sederhana sehingga karena hal tersebut banyak mendorong para warga untuk menanam Mangga Gedong Gincu di pekarangan rumah mereka. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar dapat meraup keuntungan atau sekedar untuk konsumsi pribadi.

Selain berdasarkan teknik budidaya, alasan para warga dapat dengan mudah menanam Mangga Gedong Gincu di pekarangan rumah nya ialah karena faktor eksternalnya. Adapun faktor eksternalnya yaitu seperti suhu. Suhu di Majalengka dapat mempermudah proses budidaya Mangga Gedong Gincu lantaran Mangga Gedong Gincu ini tumbuh subur di dataran yang panas. Dengan demikian, hal tersebut tentunya sesuai dengan suhu daerah Majalengka yang kerap sekali bersuhu tinggi.

Tidak hanya ciri khas saja, tetapi ikon juga berperan penting untuk melambangkan ciri khas daerah. Di Kabupaten Majalengka, tepatnya di Majalengka kota banyak terdapat beberapa ikon khas daerah, di antaranya mulai dari ikon Patung Bola Majalengka Raharja di Bunderan Munjul hingga Tugu Mangga Gedong Gincu di Bunderan Cigasong.

Berbicara mengenai Tugu Mangga Gedong Gincu, tugu tersebut adalah bentuk dari implementasi Mangga Gedong Gincu yang merupakan ciri khas utama ‘Kota Angin’ tersebut sehingga dijadikannya ikon berbentuk tugu.

Banyak makanan khas dari Majalengka, akan tetapi tiga makanan yang telah disebutkan diatas mempunyai keutamaan dari makanan khas lainnya, karena makanan – makanan tersebut yakni kecap khas Majalengka, Durian Sinapeul, hingga Mangga Gedong Gincu merupakan makanan yang paling popular dikalangan wisatawan.

Ketiganya sama – sama menjadi ciri khas dari Kabupaten Majalengka karena proses pembuatannya langsung dari daerah Majalengka dan hanya terdapat di Majalengka, serta ketiganya juga memiiki cita rasa tersendiri yang tentunya berbeda dengan daerah – daerah lainnya.

Berbeda dengan kecap yang hanya bisa menjadi kecap ala kadarnya. Durian Sinapeul dan Mangga Gedong Gincu tidak hanya menjadi ala kadarnya. Alih – alih hal tersebut, Durian Sinapeul dan Mangga Gedong Gincu bisa diproses menjadi bentuk atau pun hasil yang berbeda dari buah aslinya. Karena itu baik buah Mangga Gedong Gincu ataupun Durian Sinapeul keduanya seharusnya mempunyai keunikan pemanfaatannya sendiri karena jenis buah bisa diolah menjadi sesuatu hal yang baru.

Durian Sinapeul sendiri karena tidak terlalu mencolok jarang ditemukan olahan khas nya baik itu dari olahan makanan atau pun barang. Sedangkan pada Mangga Gedong Gincu, karena makanan khas yang satu ini sangat iconic di Majalengka, banyak dari para warga lokal membuat olahan yang khas dengan berbahan baku Mangga Gedong Gincu. Selain makanan olahan, Mangga Gedong Gincu juga melatar belakangi proses pembuatan barang yang nanti nya dijual kepasaran dengan judul “oleh – oleh khas Majalengka”.

Berikut ini beberapa makanan olahan dan barang yang menggunakan motif Mangga Gedong Gincu,

Bolu Mangga Gedong Gincu

Bolu Mangga merupakan suatu oleh – oleh khas Majalengka yang paling terkenal. Banyak wisatawan atau warga lokal yang membeli bolu ini untuk oleh – oleh atau pun untuk suatu acara. Karena banyak nya peminat, di Majalengka sendiri terdapat toko khusus Bolu Mangga Gedong Gincu yang sudah tersebar di beberapa wilayah nya yang strategis. Hal tersebut guna mempermudah para wisatawan untuk dengan mudah membelinya.

Dodol Mangga Gedong Gincu

Dodol Mangga Gedong Gincu juga banyak digemari oleh masyarakat dan wisatawan, biasanya sering ditemukan pada toko khusus oleh oleh khas Majalengka.

Aseman Mangga Gedong Gincu

Aseman sendiri sering nya banyak dijumpai langsung di masyarakat. Biasanya masyarakat membuatnya sendiri sekedar untuk makanan ringan.

Batik Motif Mangga Gedung Gincu Majalengka

Batik Majalengka merupakan suatu simbolis khas yang terdapat di Majalengka. Ternyata pada batik tersebut terdapat pola yang menggambarkan motif Mangga Gedong Gincu yang ternyata memiliki arti yang mendalam. Keren banget!

Nah, itu tadi beberapa keunikan dari pemanfaatan Mangga Gedong Gincu di Majalengka. Sudah seharusnya sebagai warga Indonesia, tentunya kita perlu mengetahui berbagai ciri khas dari daerah yang tersebar di Indonesia seperti hal nya di Daerah Majalengka. Dengan kita mengetahui, berarti kita satu langkah lebih dekat dengan produk – produk lokal yang kualitasnnya telah terjamin.

Selain karena kualitasnya, secara tidak langsung juga kita akan dapat mengetahui sejarah yang ada dibaliknya. Jadi mulai sekarang, mari kita cari tahu lebih banyak lagi mengenai ciri khas dari masing masing daerah, karena di dalamnya kita dapat menemukan kearifan budaya lokal yang berdaya saing tinggi.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90