Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Sosialisasi Forikan dan Launching Gemaripah

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Salah satu langkah nyata turunkan stunting di Kabupaten Ciamis, pemerintah daerah melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis menggelar sosialisasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dan Launching Gerakan Memasyarakatkan Makan Pangan Asal Hewan (Gemaripah).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, didampingi Wakil Bupati, Yana D. Putra Sekretaris Daerah H.Tatang, Kadis Peternakan dan Perikanan Syarief Nurhidayat, dinas terkait, TP PKK dan tamu undangan lainya, bertempat di Aula PKK Ciamis, Selasa (14/02/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengatakan pangan asal hewani sangat penting bagi keluarga dari mulai ibu yang sedang mengandung untuk tumbuh kembang anak dalam menciptakan generasi unggul.

“Stunting di Kabupaten Ciamis dari tahun ketahun terus menurun dan melalui kegiatan ini kami berupaya seoptimal mungkin agar di Kabupaten Ciamis tidak ada anak yang stunting,” ungkapnya.

Capaian ini tentu tidak lepas dari peran para kader PKK dan kader Posyandu yang terus mengajak serta mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Saya apresiasi kepada para kader-kader PKK dan posyandu yang terus mengajak dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya asupan makanan sehat agar bebas stunting,” ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, PKK Kabupaten Ciamis dalam kegiatan penurunan stunting ini sudah by data.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengapresiasi kinerja para pimpinan OPD yang telah ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam penurunan angka stunting.

“Di Tahun 2022 kemarin setidaknya ada 278 penghargaan yang kita peroleh berkat kebersamaan lintas OPD, salah satunya penghargaan atas upaya penurunan stunting,” tandasnya.

Dalam laporanya Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Syarief Nurhidayat mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah upaya dalam peningkatan pemahaman tugas dan fungsi Forikan Kecamatan.

“Gemaripah merupakan salah satu ide baru untuk lebih memasyarakatkan pangan asal hewani kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui edukasi tentang pentingnya konsumsi protein hewani dengan bersinergi dengan tim penggerak PKK dan SKPD lainnya,” imbuhnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90