Tim Penggerak PKK Sumut Supervisi Ke Desa Di Dairi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Nuraisayah Tinambunan

Kabupaten Dairi – Tim Penggerak PKK Sumatera Utara melakukan supervisi desa pelaksana terbaik tertib administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), UP2K PKK, Aku hatinya PKK, dan Iva test, di Balai Budaya Sidikalang, Selasa (7/02/23)

Hadir dalam supervisi tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Sekretaris Daerah Budianta Pinem, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bahagia Ginting.

Bupati Dairi dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah mengatakan sangat mengapresiasi tim penggerak PKK Dairi atas kegiatan supervisi tersebut.

Bupati menyebut, keberadaan PKK dengan 10 programnya dirasakan sejalan dengan visi dan misi Pemkab Dairi dalam mewujudkan Dairi Unggul.

Dia mengatakan kolaborasi tentunya diharapkan agar seluruh program dapat terwujud sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Kehadiran tim supervisi diharapkan akan memberikan motivasi kepada PKK Dairi. Kepada anggota PKK yang hadir, kiranya dapat memanfaatkan momen ini untuk menggali ide serta ilmu yang lebih baik lagi.

Romi, mengatakan, visi dan misi Pemkab Dairi telah berjalan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Romy mengatakan PKK Dairi langsung bergerak mengadakan pembinaan ke setiap desa yang menjadi binaan PKK setelah melakukan rapat kerja daerah.

Ada 4 desa yang menjadi binaan PKK, yaitu Desa Gunung Meriah, Kecamatan Siempat Nempu Hulu sebagai desa tertib administrasi.

Di desa ini sudah dilakukan pembinaan yang dihadiri Camat Siempat Nempu Hulu Koko Angkat dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Pembinaan yang dilakukan seperti tatacara pengisian buku administrasi dan pembinaan pengisian buku warga melalui aplikasi digital sidasa.

Selanjutnya adalah Desa Sigambir-gambir menjadi desa binaan PAAR. Desa ini dipilih karena tidak ada anak yang putus sekolah dan tidak ada kekerasan terhadap anak. Di desa ini juga ada pembentukan kader PAAR.

“Untuk UP2K di tetapkan di Desa Silalahi II. Pemerintah sudah banyak memberikan dukungan, saatnya warga desanya semangat untuk membangkitkan perekonomian masyarakatnya,” ucap Romy Mariani.

Desa binaan selanjutnya adalah Desa Pasi, Kecamatan Berampu, sebagai binaan aku hatinya PKK.

Sementara untuk Kecamatan Lae Parira l, ditetapkan sebagai binaan iva test di mana Desa Kabanjulu, Lumban Sihiten menjadi desa yang sudah 100% untuk iva test.

“Inovasi dan proses yang diperlukan agar tingkat partisipasi masyarakat untuk ikut pemeriksaan iva test meningkat. Terobosan kami adalah hadirnya aplikasi SIVA (sistem informasi iva test). Ada juga duta iva test yang akan menggerakan warga agar paham tentang iva test,” ujar Romy Mariani.

Supervisi Ketua Tim Penggerak PKK Dairi juga mengukuhkan Duta Iva Test untuk Kecamatan Lae Parira.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90