Strategi Terhadap Masalah Pengangguran Dalam Mekanisme Islam

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Siti Saadah (ibu rumah tangga)

Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi wisata karena di dukung oleh alam yang in!dah. Salah satu upaya dalam pengembangan wisata Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan terkait menciptakan 100 desa wisata. Saat bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif( Menparekraf) RI Santiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi wisata alam Citalutug Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung pada minggu, 22 januari 2023.

Dalam pembentukan 100 Desa wisata di Kabupaten Bandung sudah dilakukan sejak 2022 lalu. Dimana 50 desa wisata telah dibentuk pada 2022, dan 50 desa wisata lagi pada tahun 2023. Diharapkan hadirnya desa wisata ini bisa memajukan ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung.

Untuk mendukung desa wisata di Kabupaten Bandung, ada sekitar 16.000 pelaku UMKM. Untuk itu, Pemkab Bandung terus mendorong pengembangan UMKM memalui penyediaan pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan dengan alokasi dana sebesar Rp 40 miliar pada tahun 2022, serta Rp 30 miliar pada tahun 2023.

Target yang di inginkan menciptakan 35.000 pelaku umkm, saat ini sudah tercipta 13.000 lapangan kerja baru melalui program pinjaman melalui program dan inovasi yang di laksanakan Pemkab Bandung. Maka angka pengangguran yang awalnya mencapai 8,5 persen. Saat ini mengalami penurunan menjadi 6,98 persen.di lansir dari Prfmnews.id

Tidak dapat dipungkiri, kemiskinan menjadi masalah yang di hadapi oleh masyarakat. Dalam kapitalisme membuat perempuan kehilangan nafkah akibat sebagian suami terkena PHK, usahanya gulung tikar, akibatnya membuat sebagian perempuan atau para ibu terjun membantu perekonomian keluarga.

Sangat disayangkan, dalam kapitalisme semua diukur dengan materi. Siapa saja dapat di anggap sebagai penghasil ekonomi, takbter kecuali kaum perempuan. Karena terdesak dengan kebutuhan sehingga mereka cenderung lebih menerima apa pun yang ditetapkan perusahaan tanpa perlawanan.

Isu masalah pengangguran merupakan salah satu isu ekonomi. Terjadinya pengangguran akibat terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia, terbatasnya kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam menjadi produk yang bernilai ekonomi. Menuntaskan penganguran menjadi PR besar bagi negara pasalnya dibeberapa daerah yang ada tingkat pengangguran masih belum bisa dituntaskan bahkan cenderung meningkat.

Sejatinya kapitalisme sedikitpun tidak memperhitungkan dampak buruk ketika perempuan bekerja. Sehingga mereka di dorong dengan jalan membuka peluang besar agar menjadi pion ekonomi. Dimana solusi ini yang dihadirkan dalam ekonomi kapitalisme dimana semakin menambah persoalan dimana menjauhkan kaum perempuan dari perannya sebagai ummu warabbatul bait.

Selain itu, ketersediaan lapangan pekerjaan tidak cukup jika dibandingkan dengan jumlah yang mencari kerja, jika pun ada lapangan pekerjaan harus bersaing dengan para tenaga dari luar.

Hal ini memperlihatkan kepada kita bahwa sistem saat ini yaitu kapitalisme, sebuah sistem yang melahirkan aturan hidup berdasarkan akal manusia yang serba terbatas termasuk dalam menuntaskan pengangguran. Sehingga sistem kapitalisme terbukti tidak mampu dalam memberikan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya yang justru rakyat kalah saing dengan pekerja dari luar.

Dalam islam segala sesuatu akan dikembalikan kepada aturan hidup yaitu islam. Maka islam akan menciptakan solusi yang lahir dari Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Karena islam merupakan agama yang tidak hanya mengatur perkara ibadah saja namun perkara kehidupan pun islam punya aturan-aturannya seperti aturan tentang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lainnya termasuk menyelesaikan masalah pengangguran.

Dalam islam ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh seorang pemimpin dalam mengatasi pengangguran. Karena pemimpin merupakan tanggungjawab atas kepengurusan rakyatnya. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang menyatakan bahwa:” Imam(khalifah) adalah raa’in (pengurus rakyat) dan bertanggungjawab atas pengurusan rakyatnya. “(HR al-Bukhari)

Adapun langkah awal yaitu dalam bidang pendidikan. Pendidikan dalam negara yang menerapkan syariat islam dengan akan mudah didapatkan bahkan gratis. Selain itu rakyat dibebaskan untuk memilih sesuai dengan potensinya, termasuk memberikan keahlian atau keterampilan kepada rakyat terutama bagi laki-laki yang memiliki kewajiban bekerja.

Selain itu negara menyiapkan sarana dan prasarana bagi semua rakyat terutama bagi laki-laki agar mau bekerja, seperti memberikan modal dengan cuma-cuma dan lainnya. Sehingga kewajiban bekerja hanya untuk laki-laki saja, ini semua demi menghilangkan persaingan antara tenaga kerja perempuan dan laki-laki. Kecuali pekerjaan yang mengharuskan dilakukan oleh perempuan.

Begitu pula dalam sektor industri dalam islam akan lebih banyak menyerap tenaga dalam negeri dan dikelola oleh negara langsung. Dengan tujuan agar rakyat mudah mendapatkan pekerjaan dan tidak ada yang menganggur. Dengan demikian maka untuk menyelesaikan angka pengangguran  juga kesejahteraan akan dirasakan oleh umat ialam dan umat non muslim, semua akan merasakannya apabila aturan ialam betul-betul diterapkan dengan sempurna. Wallahu a’lam bi ash-shawwab

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90