Gemapatas, 813 Patok Dipasang Bagian Dari Pemasangan Satu Juta Patok

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief

Kota Sukabumi – Kementerian ATR/BPN secara serentak menggelar program Pemasangan Satu Juta Patok diberbagai wilayah Indonesia, pada 3 Februari 2023.

Program ini merupakan bagian dari Gemapatas (Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas) yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar memasang tanda batas pada tanah yang dimilikinya.

Pemasangan satu juta patok yang juga merupakan upaya akselerasi dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Kota Sukabumi secara simbolis dilaksanakan di Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros, dan dihadiri oleh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya Wali Kota, Achmad Fahmi, dan Ketua DPRD, Kamal Suherman.

Wali Kota dalam keterangannya menyampaikan bahwa gerakan ini berkaitan dengan penertiban masalah pertanahan dan semua pihak harus ikut terlibat dalam Gemapatas.

Sementara Kepala Kantor ATR – BPN Kota Sukabumi, Siti Hafsiah, menyampaikan bahwa gerakan yang memiliki jargon “Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok” bertujuan untuk menghindari adanya pergeseran atau pencaplokan tanah oleh pihak yang tidak berhak.

Selain di Kelurahan Jaya Raksa pemasangan patok tersebut di Kota Sukabumi dilaksanakan pula dilokasi lainnya seperti Kelurahan Sudajaya Hilir, dengan jumlah patok yang dipasang kurang lebih sebanyak 813 patok.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90