Danramil 404-02/PBM Hadiri Apel Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla Dilapangan Mapolres Prabunulih

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Kota Prabumulih – Danramil 404-02/PBM Kapten CZi Didi Suratman menghadiri kegiatan apel Kesiapsiagaan sekaligus gelar peralatan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Lahan dan H (Karlahut) tahun 2023 di lapangan Mapolres Kota Prabumulih

Apel yang diinisiasi oleh Mapolres Kota Prabumulih yang diikuti Regu SubDenpom, Regu TNI (Koramil) ,pelton Sat,samapta,Pleton satlantas,pleton Gab staf polres,pelton Satintelkam,pelton Satpol PP, Regu Dishub, regu Dinkes,Regu BPBD, Regu Dinsos,Tagana

Dandim 0404/ME Letkol Arh Rimba Anwar melalui Danramil 404-02/PBM Kapten CZi Didi Suratman mengatakan, mayoritas wilayah Koramil 02/PBM sebagai daerah yang berada dalam wilayah yang rawan bencana, seperti banjir dan juga kebakaran hutan/lahan.

ikatakannya, meskipun datangnya bencana merupakan hal yang sulit dihindari dan diperkirakan secara pasti dan tepat, semua elemen pemerintahan dan masyarakat harus tetap waspada, mawas diri dan menyiapkan langkah pencegahan dan penanganan sedini mungkin.

“Persiapan dan kesiapan untuk mengantisipasi dan menangani datangnya bencana merupakan langkah yang tepat, agar dampak buruk dari bencana tersebut dapat diantisipasi dan diminimalisir,” ujar Danramil. 

Dilanjutkan Danramil, permasalahan kebencanaan membutuhkan penanganan yang terintegrasi, tidak bisa dilakukan hanya sebagian atau parsial, namun setiap komponen harus bekerja sebagai suatu sistem yang mampu mengelola keadaan dengan terpadu, baik kondisi sebelum terjadinya bencana, pada saat dan pasca terjadinya bencana.

“Untuk itu kami mengajak semua pihak bekerjasama dan saling gotong royong menghadapi tiap bencana alam atau Karhutla yang terjadi. Karena sinergi antar pihak akan membuat penanganan bencana dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Terkait dengan apel kesiapan dan gelar peralatan penanggulangan bencana dan Karhutla dalam kesempatan tersebut, Danramil berpendapat bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kesiapan personil, peralatan, sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana.

“Hal ini untuk memastikan semuanya dalam keadaan siaga dan siap pakai. Seperti ketersediaan personil dan alat/perlengkapan yang digunakan untuk menangani bencana dan Karhutla.” tegasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90