Promosikan SDM SMK, Disdik Jabar Targetkan Produk Pameran Siswa Sampai ke Luar Negeri

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Dinas Pendidikan mentargetkan pameran hasil proses atau keahlian siswa SMK dapat dipromosikan di luar negeri. Hal itu sebagai upaya mempromosikan sumber daya manusia khususnya lulusan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, H. Dedi Supandi S.STP M.Si, menyampaikan setelah suskses melaksanakan kegiatan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, yakni kegiatan Explore SMK yang memamerkan produk unggulan SMK. “Kedepannya bisa saja para siswa diarahkan untuk mengikuti pameran di luar negeri sebagai promosi sumber daya manusia, karya/produk dan keahlian siswanya,” jelasnya saat wawancara bersama media cetak dan online di acara SMK Awards Dinas Pendidikan Jabar 2022, yang diadakan oleh Bidang PSMK, dilaksanakan di Hotel Grand Sunshine Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (24/1/2023).

Lanjutnya, kata Dedi kalau semua bisa berinovasi dan berkolaborasi maka konsep ini harus terus dikembangkan. Adapun tujuan dari SMK Awards 2022 diharapakan agar SMK di Jabar berperan menjadi lokomotif pembangunan dan kemajuan bangsa.

Lanjutnya, ada 12 kategori Awards baik yang berkaitan dengan TOEIC, sekolah berkarakter, sekolah pencetak wirausaha, sekolah bersertifikat profesi, sekolah inovatif, sekolah teaching factory, sekolah link and match dan sebagainya. “Ini bagian dari apresiasi yang perlu kita kembangkan dan banggakan semuanya,” kata Dedi.

Masih dikatakan Dedi beberapa program di SMK yang sudah dijalankan, seperti SMK membangun desa, SMK BLUD, termasuk link and match dan lainnya merupakan bagian dari upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional. “Sebagai bagian dari mempromosikan dan mempublikasikan bahwa kita punya sumber daya manusia yang luar biasa, dan lulusan SMK siap bekerja. Nanti juga kagiatan serupa akan dilakukan oleh bidang PSMA, PSLB dan GTK,” pungkas Dedi.

Diketahui dalam kegiatan itu, dihadiri oleh ASDA I, Dewi Sartika, Wakil Ketua Komisi V, Abdul Hadi Wijaya, pihak sponsor dan lainnya.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Abdul Hadi Wijaya, M.Sc.kepada wartawan menyatakan sudah seharusnya lulusan SMK dibekali keterampilan / keahlian untuk siap bekerja atau menekuni bidang wirausaha agar lebih banyak yang bisa dikerjakan atau dihasilkan. Selanjutnya didukung dengan perbaikan kerjasama antara Dinas Pendidikan, Disnaker, BUMD dan perusahan lain untuk menyerap lebih banyak lagi lulusannya.

“Kami DPRD Jabar mengapresiasi dan mendukung program-program yang bagus dan mendorong agar anggaran disetujui untuk mewujudkan SMK-SMK terbaik, mensukseskan program SMK Bisa, SMK Jabar Juara,”ungkapnya

H. Endang Rohmat, S.ST, M.M, Kepala SMK PGRI 2 Karawang menjelaskan SMK PGRI 2 Karwang selama ini sukses mengadakan kelas industry. Bekerjasama dengan perusahan Jepang. Praktek kerjasamanya anak-anak dilatih oleh perusahan. lalu dipersiapkan untuk masuk ke Indsutri. Targetnya setelah lulus langsung bekerja atau sering dikenal dengan Ijon yang merupakan program anak sekolah sejak awal masuk SMK sudah langsung dilatih terlebih dahulu, sehingga setelah lulus langsung bekerja.

Menurutnya SMK PGRI 2 Karawang saat ini memiliki program untuk lulusannya yang dikerjasamakan dengan banyak perusahan-perusahan. Sekarang sekolahnya menjadi pilihan atau idaman pelajar yang ingin masuk ke SMK, khususnya di jurusan Teknik Otomotif dan Teknik Komputer Jaringan /TKJ. Dari data yang ada terdapat sekitar 850 siswa.”ucapnya Endang yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kepengurusan MKKS SMK Kabupaten Karawang 2O22-2025.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, acara SMK Award Tahun 2022 yang diinisiasi Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar ini, terdapat 12 kategori di mana 2 di antaranya adalah kategori khusus.

Adapun 12 kategori tersebut, yakni Sekolah Berkarakter, Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW), Sekolah Keterserapan Bekerja, Sekolah Bersertifikasi Profesi, Sekolah Pembelajaran Berbasis IT, Sekolah Manajemen Teaching Factory (TEFA), Sekolah Berwawasan Lingkungan, Sekolah Inovatif, Sekolah Memanfaatkan Potensi Lokal, Sekolah Link and Match. Sedangkan dua kategori khusus, yaitu Sekolah Berintegritas dan Kepala Sekolah Berdedikasi Istimewa. Sekaligus ada pemberian piagam penghargaan kepada SMK dengan rata-rata nilai Test of English For Intenational Communication (TOEIC) tertinggi dan 10 siswa dengan nilai tertinggi.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90