Akibat Penggalian Yang Diduga Dilakukan PT BJU, Jalan Trans Kaltim Terancam Longsor

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Abd.Haris

Kabupaten Berau – Jalan Trans Kaltim tepatnya dekat bak pembuangan sampah di Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, terancam longsor, akibat aktivitas galian tambang Batubara yang diduga dilakukan oleh oknum dari PT BJU, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan Batubara.

Kondisi tersebut dikhawatirkan akan berakibat fatal, baik bagi warga sekitar maupun para pengguna kendaraan bermotor yang melintas diruas jalan tersebut, pasalnya aktivitas penggalian dilakukan kurang lebih dua meter dari bibir jalan induk yang merupakan akses jalan umum.

Galian Batubara yang terkesan dilakukan dengan brutal ini diduga mengabaikan aturan pemerintah tentang pertambangan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya pergerakan tanah yang memicu longsor disekitar titik ruas jalan dimaksud.

Menurut salah satu warga sekitar yang enggan jati dirinya dipublikasikan, jika kondisi ini tidak segera disikapi, cepat atau lambat akses jalan Trans Kaltim akan terputus.

“Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, warga melakukan pengecoran dan dipasangi pancang Kayu Ulin, namun karena kekosongan tanah yang membentuk kubangan yang dalam dan lebar hingga antisipasi tersebut belum juga maksimal,” ucapnya.

Ia berharap, pemerintah dan pihak terkait lainnya bisa segera menindaklanjuti kejadian ini.

Hingga berita ini diterbitkan sampai hari ini, belum bisa diperoleh keterangan dari pihak BJU selaku perusahaan yang dianggap bertanggung jawab terkait dengan hal ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90