Cak Nun Jadi Membodoh

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Bila ada orang bodoh menjadi pintar adalah sebuah keistimewaan. Faktanya Tuhan menciptakan manusia agar menjadi pintar dengan belajar. Belajar adalah diantara ibadah terbaik manusia.

Hal yang tak wajar adalah orang pintar, atau dianggap pintar menjadi bodoh. Atau orang pintar membodoh adalah sebuah kemunduran. Hal ini nampak terjadi dalam diri Cak Nun.

Sebelumnya, Saya terpesona oleh putra sulung Cak Nun bernama Sabrang Panuluh yang hadir di acara Workernas AKSI di Bali. Ia (putra Cak Nun) menjadi narasumber memukau para kepala sekolah se Indonesia.

Saya katakan pada Sabrang Panuluh, “Anda ketitisan Cak Nun yang sangat pintar”. Kini, saat di sejumlah media memberitakan pernyataan Cak Nun yang jauh dari pintar, jauh dan bahkan menunjukan proses membodoh. Itulah dinamika kepintaran manusia.

Itulah manusia, punya kekurangan. Walau pun Cak Nun sudah meminta ma’af. Ia sadar dan meminta maaf pada publik. Begitulah kalau tokoh, ulama, kiyai, pendeta, biarawan atau tokoh apa saja yang terkena gangguan subjektifitas politik.

Ungkapan “Semua kawan benar dan semua lawan salah” masih menjadi mentalitas sebagian kita. Cak Nun mendapatkan kritik dari putra sulungnya yang pintar. Saya sebagai pendidik sangat mengagumi Cak Nun terkait pengetahuannya, kecuali dalam hal politik.

Gus Dur, Cak Nun, Cak Nur dan cak cak yang lain tentu sangat berpengaruh perspektifnya pada proses edukasi publik. Mengidentifikasi seorang Presiden RI sebagai Fir’aun dan jabatan outsorching adalah menggelitik tak elok, tak adab.

Adab diatas ilmu. Nabi Muhammad SAW dan para nabi lainnya diutus untuk adab, dominan pada perbaikan akhlak. Ilmu lebih kepada tanggung jawab scientis dan para filsuf. Sepintar apa pun seseorang bila tuna adab jadi anomalis.

Orang berilmu dan beragama akan menangkap pesan esensial kehidupan yakni “Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan”. Menghina Tuhan secara tidak langsung adalah menghina dan menganiaya ciptaan_Nya

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90