APDESI Pasir Jambu Suarakan Aspirasi Jabatan 9 Tahun Kades Masuk ke Prolegnas 2023

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi (Bandung)-, Perwakilan Kepala Desa di Indonesia dari berbagai daerah akan ke Jakarta, beraudiensi dengan DPR RI, MPR RI dan DPD RI untuk menyampaikan pendapat tentang revisi undang-undang desa terutama di pasal 39 dan 72 yaitu tentang masa jabatan kepala desa, dana desa dan pendorong bagi pemerintah pusat menaikan dana alokasi umum.

Saat ini berbagai organisasi kepala desa akan bersama-sama membangun kekuatan untuk menyampaikan pendapat ke Mentri Dalam Negeri kemudian ke DPR RI dan MPR RI dan DPD RI.

Merespon kabar tersebut, Willy Wirasasmita, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Kecamatan Pasir Jambu mengungkapkan seharusnya aspirasi perpanjangan masa jabatan kepala desa yang diharapakan mayoritas para kepala Desa masuk dalam draf Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2023. “Lalu dibahas oleh DPR RI bersama pemerintah, melalui revisi Undang-Undang tentang Desa. Nanti lihat saja di bulan Januari ini hasil dari aspirasi yang diperjuangkannya,” ungkapnya Willy yang sebelumnya pernah aktif sebagai staf di DPR RI saat wawancara khusus bersama media cetak dan online Koran Sinar Pagi di kantornya.

Menurutnya ada efek dari hasil Pilkades itu, menimbulkan konflik sangat lama di masyarakat yang berdampak pada pembangunan dan keharmonisan antar warga desa, jadi jangan sering ada Pilkades di desa. Makanya penting jika diperpanjang masa jabatan kepala desa dari 6 ke 9 tahun. Apalagi harus mengeluarkan modal sendiri sebagai calon kepala desanya”, katanya

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90