Pindang Legendaris Mindo Tanjung Raja Miliki Cita Rasa Kelezatan Khusus Yang Berbeda

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Heri Kusnadi

Kabupaten Ogan Ilir – Kabupaten Ogan Ilir mungkin terbilang sebagai satu daerah pusat kuliner khususnya pindang. Dimana, Kabupaten Ogan Ilir memiliki berbagai jenis pindang. Mulai dari Pindang Pegagan, Pindang Meranjat, dan Pindang Tanjung Raja.

Seperti yang disajikan Rumah Makan Pindang Ikan Mindo, yang berlokasi di Blok A Nomor 7 Pasar Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Rumah Makan Pindang Ikan Mindo ini adalah rumah makan khas menyajikan menu pindang ikan saja.

Menurut Mery, pemilik Rumah Makan Pindang Ikan Mindo, rumah makannya ini hanya menyediakan pindang ikan patin saja. Dan menu ini sudah ada sejak berdirinya Rumah Makan Pindang Ikan Mindo pada tahun 1976 lalu.

“Pindang Patin, hanya satu macam tidak ada menu lain disini,” ungkap Mery, Rabu, 4 Januari 2023.

Ditambahkan Mery, pindang yang tersedia di Rumah Makan Pindang Ikan Mindo ini memiliki kekhasan tersendiri dibanding rumah makan lainnya di wilayah Tanjung Raja. Pasalnya, pindang yang tersedia adalah Pindang Tanjung Raja.

“Pindang Tanjung Raja, sebab Pindang Pegagan dan Pindang Meranjat serta pindang lainnya berbeda, ada ciri khas masing-masing,” jelasnya.

Mery menyebut, pindang khas yang dimiliki Rumah Makan Pindang Ikan Mindo ini memiliki keistimewaan tersendiri. Yakni, dari kuahnya dengan cita rasa berbeda dari pindang-pindang lainnya.

“Pindang Mindo dengan cita rasa kelezatan khusus yang berbeda, dengan rasa tersendiri. Kalau tidak percaya cobalah,” pintanya.

Ketika disinggung mengenai bumbu khusus, Mery mengungkapkan, bahwa bumbu dan racikan yang digunakan Pindang Mindo sam halnya dengan pindang-pindang lain.

“Hanya cara pengelolaan saja berbeda,” ujarnya.

Adapun sejarah Rumah Makan Pindang Ikan Mindo, didirikan oleh orang tua Mery yakni H Yahya Syamsudin dan Hj Ratna Dewi pada tahun 1976. Sejak berdiri, Rumah Makan Pindang Ikan Mindo langsung digemari oleh pembeli hingga saat ini.

Pindang Mindo juga banyak digemari oleh para pejabat. Seperti, Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, yang setiap kali ada kesempatan ke Ogan Ilir selalu mampir untuk menikmati Pindang Mindo.

“Pak Mawardi sejak jadi pegawai PNS di Dinas PU yang ada di Tanjung Raja waktu masih Kabupaten OKI, hingga sekarang sebagai Wakil Gubernur Sumsel masih sering mampir untuk makan pindang mindo yang legendaris ini,” kata dia.

Selain itu lanjut Mery, ada Walikota Prabumulih, Ridho Yahya, juga tak ketinggalan untuk icip-icip Pindang Mindo. Ada juga mantan Wagub Sumsel, Ishak Mekki, serta Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, bersama pejabat lainnya.

Disinggung soal harga pindang per porsinya, Mery mengungkapkan, hanya Rp.20.000 sejak tahun 2000 lalu tak pernah mengalami perubahan harga.

“Warga sering juga berdatangan, karena harga terjangkau murah meriah. Tahun dulu sekitar tahun 2000 sampai sekarang tetap Rp.20.000, karena sudah banyak pelanggan, jadi harganya mantap tidak naik,” tutupnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90