Mesjid Raya Al Jabbar Ikon Baru Jawa Barat di Kota Bandung

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Jeky EPSA

Koran Sinar Pagi, Sumedang – Mesjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, akhirnya diresmikan oleh Gubernur Ridwan Kamil sebagai Mesjid Raya Provinsi Jawa Barat, Jumat (30/12/2022).

Peresmian mesjid yang menjadi ikon baru Jawa Barat itu dihadiri oleh sejumlah pejabat kementerian dan para kepala daerah di Jawa Barat, termasuk Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil, sapaan akrabnya, menerangkan, ‘groundbreaking’ pembangunan mesjid dilakukan di saat kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan pada Tahun 2017 dimana dirinya masih menjabat sebagai Walikota Bandung sekaligus bertindak sebagai arsitek mesjid tersebut.

“Oleh takdir-Nya, saya sebagai Walikota saat itu juga sebagai arsiteknya kemudian menjadi gubernur. Ini takdir yang tidak biasa, dari merencanakan sampai mengambil keputusan hingga hari ini,” ujarnya.

Emil mngatakan, nama mesjid memiliki latar belakang matematis (Aljabar atau Al Jabbar), dan juga Jabbar yang bisa dikaitkan pula dengan singkatan dari Jawa Barat.

“Mesjid yang dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektare ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang, dengan rincian 10.000 orang di area dalam (indoor) dan 20.000 orang di area plaza,” ujarnya

Selain itu, terdapat 27 pintu yang menyimbolkan 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat yang disimbolkan oleh desain batik setiap Kota dan Kabupatennya.

“Di area bawah mesjid, terdapat juga museum digital yang berisi materi perjalanan peradaban Islam di Indonesia, khususnya Jawa Barat,” ucapnya.

Mesjid yang juga populer dengan sebutan ‘Masjid Terapung’ ini juga dikelilingi danau retensi sebagai penyerap air agar tidak terjadi banjir yang datang dari utara menuju selatan Kota Bandung.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyambut positif atas hadirnya Mesjid Raya Al Jabbar dan bersyukur Jawa Barat memiliki mesjid yang sangat representatif memuat khazanah perjalanan umat Islam di Indonesia sebagai ikon kebanggan masyarakat Jawa Barat.

“Mesjid ini merupakan mahakarya Gubernur Jawa Barat. Sangat indah dan megah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa Barat. Insya Allah lebih makmur lagi, memberikan spirit untuk beribadah. Membumikan Al-Qur’an serta menjadikan Jabar Juara Lahir Batin,” tutur Bupati.

Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Salat Jumat untuk pertama kalinya di mesjid itu.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90