Samisade Tahap Dua Cair, Desa Ciawi Lanjutkan Pembangunan Betonisasi dan Normalisasi Sungai

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Abd. Razik

Koran SINAR PAGI, Kab. Bogor,- Pemerintah Desa (Pemdes) Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, kembali melanjutkan program bantuan infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk dua jenis kegiatan yakni betonisasi jalan desa dan Normalisasi saluran irigasi.

Program stimulus Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor ini sesuai dengan ketentuan pedoman umum (Pedum) Samisade pencairan dilakukan sebanyak dua tahap yakni tahap satu 60 persen dengan asumsi pekerjaan maksimum 70 persen dan tahap dua 40 persen.

“Alhamdulillah tahap pertama kami sudah rampung 80 persen. Dan 60 persen di tahap dua ini sedang dalam tahap proses pengerjaan,” ungkap Kepala Desa (Kades) Ciawi, Nana Sumarna kepada wartawan di kediamannya, Selasa (28/12/2022).

Lanjut Nana, adapun pengerjaan infrastruktur betonisasi jalan dan saluran irigasi tersebut berada di Kampung Seseupan hingga menuju Kampung Tipar RT.01, RW.01 dan RW.04.

“Adapun untuk volume betonisasi jalan panjang 531 meter, lebar 2,5 meter dan ketebalan 0,15 centi meter,” jelasnya.

Sementara itu, kata kades, untuk normalisasi saluran irigasi tersebut panjang 521 meter, tinggi 1, 20 meter dan lebar 0, 30 centi meter.

“Adapun total anggaran Samisade sebesar Rp1 Miliar,” tegasnya.

Kades pun merasa optimis, dampak dari bantuan keuangan infrastruktur Samisade tersebut akan berdampak positif terhadap laju perekonomian bagi masyarakat setempat.

“khususnya kesehatan warga lebih cepat tertangulangi lantaran akses mobilisasi mobil siaga desa sudah dapat mengakses jalan ini,” katanya.

Terkait hal itu, kades pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor yang telah menggelontorkan program bantuan keuangan infrastruktur Samisade ini.

“Saya mewakili Pemerintah Desa (Pemdes) Ciawi mengucapkan terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang telah merealisasikan bantuan keuangan infrastruktur Samisade ini. Begitu pun saya berharap agar program ini dilanjutkan hingga tahun 2024 mendatang,” harapnya.

Tak lupa, kades pun berpesan kepada warga setempat untuk menjaga, merawat serta memelihara atas apa yang telah dibangun tersebut.

(Razik)

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90