PNBB Mengeksekusi Rumah dan Tanah Hasil Lelang di Sangkanhurip Katapang

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Mely

Koran Sinar Pagi (Bandung)-, Juru Sita Pengadilan Negeri Bale Bandung (PNBB) didampingi Kanit Satpol PP Kab. Bandung, Kapolresta Bandung, unsur dari KODIM 0624 Kab. Bandung, serta Unsur-unsur terkat lainnya, belum lama ini telah melaksanakan eksekusi sebuah bangunan rumah dan tanah di Kampung Cikambuy Hilir RT.01/011 Desa Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung.
Ketika dimintai komentarnya oleh wartawan usai pelaksanaan eksekusi tersebut, Juru Sita PNBB Budi Sopian mengatakan, “Alhamdulillah proses eksekusi penyitaan bangunan rumah dan tanah milik ahli waris almarhum Encep Erawan di Kampung Cikambuy Hilir Desa Sangkanhurip Kec. Katapang dengan luas tanah sekitar 50 tumbak (dua setifikat) berjalan aman dan lancar”.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, bahwa pelaksanaan eksekusi ini tentunya sudah melalui tahapan yang panjang, diawali dari proses lelang, sampai akhirnya keluar Surat Keputusan dari Pengadilan Negeri Bale Bandung untuk melaksanakan eksekusi. Masalah lelang ini sebetulnya sudah tertunda cukup lama sekitar tujuh tahun, yaitu sejak tahun 2015.

Ketika dimintai penjelasannya terkait tempat penampungan sementara keluarga pihak tergugat, Budi mengatakan, sudah kita amankan karena kemanusiaan, dalam hal ini tentunya pihak pengadilan mengikuti aturan yang sudah ditentukan.

Sementara penasihat hukum tergugat, Billy, SH., MH. menyatakan bahwa pihaknya menilai proses eksekusi ini cacat hukum, “proses eksekusi ini memang dunilai oleh kami cacat hukum, karena para pihak itu bukan semuanya ahli waris, tapi salah satu ahli awaris atas nama Devi Kurnia”.
Lebih lanjut Billy menjelaskan, “kenapa cacat hukum, karena kita dari pihak ahli waris sudah mengajukan gugatan perorangan, namun sayangnya tidak dipertimbangkan oleh PNBB. Kita sudah bersurat, sudah mengajukan gugatan eksekusi yang seharusnya itu dinilai dahulu sebelum eksekusi ini dilakukan, kalau memang gugatan perorangan eksekusi kita sudah diperiksa mungkin saja kita sudah bisa perjelaskan”.

Yang kedua, terkait dengan objek keperdataan, yang diketahui oleh pihak ahli waris itu tidak seluruhnya, karena berdirinya bangunan ini terdiri dari dua sertifikat yang diketahui dianggunkan ke bank itu hanya satu dengan luas 283m2. Sementara dari risalah eksekusi yang dibacakan pihak juru sita tadi dijelaskan ada dua objek dengan objek yang 400m2, sedangkan yang 400m2 ini tidak diketahui posesnya oleh pihak ahli waris, ujar Billy.

Sedangkan Kapolresta Kab. Bandung Kombes Pol Kusworo ketika dimintai komentarnya tentang pelaksanaan eksekusi ini, Beliau menjelaskan, pihaknya hanya bertugas untuk melaksanakan kegiatan pengamanan eksekusi, terkait dengan siapa-siapanya silahkan nanti bapak ibu bisa menanyakan kepada pengadilan negeri, kami tugasnya hanya mengamankan, dan alhamdulillah pengamanan bisa kami laksanakan dengan baik.

Kegiatan eksekusi berjalan dengan humanis, kami berikan minunan kepada keluarga yang tergugat, kemudian bagi anak kecil juga kami berikan coklat untuk menenangkan, kami pertemukan dengan pihak pengadilan negeri upaya-upaya apa yang bisa mereka lakukan berkaitan dengan ini, dan alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar pungkasnya.

 

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90