Sekda.Kab.Sukabumi Optimis Dengan Siber Alam, SDA Di Kab.Sukabumi Dapat Dimanfaatkan Secara Optimal

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman optimis pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di wilayahnya akan lebih termanfaatkan secara optimal. Apalagi dengan adanya Sistem Informasi Sumber Daya Alam (Siber Alam) ini.

“Kita optimis dengan adanya sistem informasi ini, ketersediaan data dan informasi sumber daya alam di wilayah dapat diarsipkan secara aman dan mudah diakses, termasuk transparansi pemanfaatannya kepada publik,” ujarnya saat membuka Sosialisasi Kebijakan Sumber Daya Alam Pertambangan dan Lingkungan Hidup di Aula Setda Palabuhanratu, Senin (12/12/2022).

Menurutnya, keberadaan siber alam akan membawa Kabupaten Sukabumi semakin maju, sebab, segala informasi terkait SDA Kabupaten Sukabumi akan tersedia di sistem tersebut.

“Kita berpeluang membawa wilayah ini maju ketika mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Tentu saja dengan bijak dan berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Siber alam ini, lanjutnya, merupakan rumah besar yang menggambarkan potensi Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, penyempurnaan data dan informasi harus terus dilakukan, sehingga, memberikan nilai tambah terhadap pengembangan ke depannya.

“Dengan terus dikembangkan, sistem ini akan mampu menggambarkan potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Ia berharap, tidak sekadar memberikan informasi, namun edukasi bagi masyarakat, baik di Kabupaten Sukabumi maupun luar daerah.

“Sistem ini harus mampu memberikan nilai edukasi yang positif bagi masyarakat,” katanya.

Kabag SDA Setda Kabupaten Sukabumi, Prasetyo menambahkan, semua potensi SDA yang melimpah di wilayahnya dituangkan ke dalam sistem tersebut, sehingga, keberadaan sistem itu akan memberikan sejumlah manfaat bagi Kabupaten Sukabumi.

“Pertama untuk memetakan potensi yang bisa digali dan dikembangkan di setiap wilayah. Selain itu, sebagai tempat promosi kepada investor, dan indikator ketahanan pangan kita,” terangnya.

Dalam penyempurnaan sistem tersebut, dirinya berharap peran aktif semua perangkat daerah, terutama membantu dalam pembaharuan data setiap waktunya.

“Kami mohon semua dinas bisa membantu memasukan data. Sehingga, bisa kita update setiap waktu. Data yang ada ini pun, sebagiannya bisa kita ekspos ke masyarakat,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90