FGD BUMDes Menuju Desa Wisata Kreatif di Pedesaan Agrowisata Desa Jiwa Baru

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – FGD yang digelar Agrowisata Desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai membahas soal Menuju Desa Wisata yang Kreatif di pedesaan. Kesiapan BUMDes untuk mengelola Desa wisata yang kreatif menjadi topik hangat, bahasan itu dituangkan dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Agrowisata Desa Jiwa Baru, Kamis (8/12/2022).

Narasumber yang hadir dalam FGD itu diantaranya PMD Kabupaten Muara Enim, Dinas Pariwisata Kabupaten Muara Enim, Camat Lubai, Kepala Desa yang mempunyai BUMDES di Kecamatan Lubai dan Lubai Ulu, Kelompok BUMDES, Pendamping Desa.

Dalam paparannya, Dinas Pariwisata kabupten muara Enim menilai BUMDes sangat siap dalam pengelolaan menuju Desa wisata kreatif di pedesaan

“BUMDes butuh niat tulus untuk pengelolaan yang lebih baik ke depan. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan desa dan mengoptimalisasi penggunaan aset desa. Dalam proses pengelolaannya, BUMDes juga dituntut secara profesional melihat potensi pasar yang bisa meningkatkan pendapatan,” jelasnya

Ia menambahkan terkait peralihan tersebut diharapkan pengawasannya lebih diperhatikan. Dengan begitu, pengelolaan Wisata desa lebih berdasarkan situasi kondisi yang ada di masyarakat setempat.

Sementara, PMD kabupaten muara Enim memaparkan di Kecamatan Lubai dan Lubai ulu ada 21 desa. Dari angka itu, semua mempunyai BUMDes.

Sebagai informasi, salah satu BUMDes di Desa jiwa baru sudah siap mengelola desa wisata dalam progresnya, kini sudah proses inventarisir kios yang perlu dibenahi dan dibantu. 

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90