SAKIP dan RB Sumedang Raih Predikat Sangat Baik

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Jeky EPSA

Koran SINAR PAGI, Sumedang – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) atau SAKIP RB Award Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB).

Hasil evaluasi SAKIP dan RB diserahkan langsung oleh Menpan RB Azwar Anas Kepada Wakil Bupati  Sumedang Erwan Setiawan pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi di Hotel Bidakara, Jakarta Selasa, (6/12/2022).

Pada evaluasi SAKIP Tahun 2021 Kabupaten Sumedang kembali meraih predikat BB atau Sangat Memuaskan.

Dengan hasil tersebut, Sumedang berturut-turut mendapatkan hasil BB untuk yang kedua kalinya.

Sedangkan untuk evaluasi RB Tahun 2021, Kabupaten Sumedang juga mendapatkan  predikat BB (Sangat Baik) sehingga mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya dengan predikat B (Baik).

Wabup mengatakan, dengan diraihnya penghargaan SAKIP dan RB tersebut diharapkan akan semakin memotivasi kinerja Pemkab Sumedang dan tidak cepat berpuas diri supaya tidak terjadi penurunan di tahun yang akan datang.

“Dari tahun ke tahun meningkat cukup tajam. Ini pencapaian yang luar biasa dari seluruh stakeholders dan para ASN. Terima kasih. Tingkatkan terus kinerjanya sehingga Sumedang Simpati bisa terwujud di tahun 2023,” ujarnya.

Dikatakan Wabup, Pemkab Sumedang akan terus melakukan  perbaikan dan pembenahan kinerja serta mendorong lahirnya berbagai inovasi untuk mempercepat kinerja dan mempersingkat alur birokrasi dalam pelayanan.

Menurut Erwan, dengan terus melakukan pembenahan serta melihat tren positif selama ini pun optimistis dengan menargetkan predikat A (sangat memuaskan) di tahun berikutnya.

“Target kami tahun depan harus meraih A. Karena kita melihat tren positif selama ini terus meningkat. Sekarang kita BB, kita harus punya target yang lebih tinggi yaitu A,” ujarnya.

Lebih lanjut Erwan menekankan kepada ASN Sumedang untuk bekerja dengan tulus dan ikhlas serta terus meningkatkan kinerjanya dan evaluasi terus menerus.

“Kemarin saya melakukan evaluasi kepada beberapa OPD dari mulai dari Dinas, Badan sampai Kecamatan. Kami juga menghadirkan para kepala desa untuk kita evaluasi. Tahun lalu dapat berapa dan apa saja yang menjadi fokus kita sekarang ke depan dan apa yang harus kita lakukan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut Kabupaten Sumedang juga meraih
Penghargaan Unit penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) kategori Pelayanan Prima kepada Disdukcapil Kabupaten Sumedang.

Penghargaan pelayanan publik ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90