DPMD Jabar Juara Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke-XXIII dan Lomba Desa & Kelurahan Tahun 2022

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran Sinar Pagi (Jakarta)-, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat menjelang akhir tahun 2022 berhasil meraih dua perlombaan. Yaitu lomba Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke-XXIII dan Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2022.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke-XXIII yang terselenggara di Cirebon. DPMD Jabar sukses menjadi tuan rumah dan terpilih sebagai Juara Umum. “Kami bersyukur karena selain dapat menyelenggarakan even besar secara nasional. Kita pun memperoleh prestasi sebagai Juara Umum,” tutur Kepala DPMD Jabar, Dr. Ir. Dicky Saromi, M,Sc., yang ditemui usai menerima piala Juara Umum.

Dirinya juga mengatakan bahwa Jabar akan bersiap untuk keikutsertaan pada Gelar TTG Nusantara XXIV yang akan diadakan di Lampung dan berharap semoga momen saat ini memberi semangat untuk lebih baik lagi ke depanya.

Kepala Bidang Bina Desa DPMD Provinsi Jabar, Asep Nandang Rasadi S.IP menyampaikan pada Tahun 2022 pemprov Jabar melakukan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan melalui lomba desa dan kelurahan. Pelaksanaan lomdeskel di laksanakan sejak bulan juni dan memperoleh juara lomdeskel yaitu Desa Cibiru Wetan kecamatan Cileunyi Bandung sebagai juara 1 katagori desa dan kelurahan Bintara kecamatan Bekasi Barat untuk katagori kelurahan untuk menjadi perwakilan provinsi Jawa Barat dalam lomdeskel tingkat nasional.

“Dan alhamdulillah pada tanggal 24 nopember 2022 desa cibiru wetan menjadi Juara 1 regional untuk katagori desa dan kelurahan bintara menjadi juara 2 regional untuk katagori kelurahan. Dari prestasi itu gubernur Jawa Barat diberikan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha yang merupakan penghargaan khusus diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang dinilai berhasil melaksanakan pembinaan terhadap desa dan kelurahan. Sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di ajang tingkat nasional,” jelasnya setelah menghadiri Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Desa & Kelurahan Tahun 2022 bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta

Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, dalam sambutannya menyatakan, keberhasilan yang dicapai merupakan hasil dari kerja bersama seluruh pihak terkait. Seperti pemerintah desa dan kelurahan, Tim Penggerak PKK desa dan kelurahan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), elemen masyarakat serta pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota, yang bersama-sama memanfaatkan potensi hingga berdampak pada peningkatan kinerja desa dan kelurahan untuk memperkuat tata kelola pemerintahan desa/kelurahan serta kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, mewakili Gubernur Jawa Barat menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90