Pemdes.Lecah Laksanakan Musdes Verifikasi dan Validasi DTKS

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Pemerintah Desa Lecah Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim melaksanakan Musdes Verifikasi dan validasi DTKS yang di hadiri oleh Kepala Desa beserta BPD, Perangkat desa, Kadus, RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan juga dihadiri oleh Narasumber dari Petugas TKSK Kecamatan Lubai Ulu dan Pendamping Desa,

Dalam sambutannya Kepala Desa Lecah, menyampaikan tentang pentingnya perbaikan data kemiskinan sebagai dasar perencanaan pembangunan.

“Selain pembangunan infrastruktur, yang tidak kalah penting adalah penanggulangan kemiskinan khususnya di Wilayah Desa Lecah,” katanya.

Menurutnya, jika datanya tidak sesuai kondisi terkini, maka program pemerintah tidak akan tepat pada sasaran dan kemiskinan tidak berkurang.

“Sesuai dengan arahan dari Bupati, maka perlu diadakan Verivikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT), setidaknya agar bisa menanggulangi kemiskinan dan bantuan dari Pemerintah bisa tepat sasaran,” ujarnya.

Verifikasi dan Validasi BDT harus dilakukan karena banyak Laporan dari warga tentang bantuan yang tidak tepat sasaran, “Kami Pemerintah Desa Lecah mengharap kepada masyarakat ikut juga membantu kelancaran pendataan kemiskinan dalam BDT ini,” tuturnya.

Dalam pendataan ini, lanjut dia, melibatkan petugas Pemutakhir Data yang sudah dibentuk sesuai dengan wilayah, dan hasilnya dikumpulkan ke pengawas Pemuktahir Data di Desa untuk diteruskan ke petugas Entry Data dan dilaporkan ke Dinas Sosial.

“Harapannya nanti seluruh bantuan dari pemerintah sebagai upaya penanggulangan kemiskinan baik BPNT, PKH, JKN, KIS, Kartu Indonesia Pintar dan program lainnya, nanti data kemiskinan hasil perbaikan ini diminta untuk di umumkan agar masyarakat bisa ikut mengawasi,” tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90