Ungkap Kasus Susur Sungai, Penyidik Butuhkan Waktu Hingga 1 Tahun

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Kejaksaan Negeri Ciamis menahan seorang laki – laki berinisial R dengan tuduhan telah melanggar pasal 359 KHUPidana, demikian diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis, Dra. Soimah SH., MH, didampingi Kasi Pidum Sunadi SH, dan Kasi Intel Rismanto SH., MH, dalam jumpa pers dihadapan awak media, Selasa (22/11/2022).

Dikatakan, Kasus tersebut merupakan pelimpahan dari Polres Ciamis, dimana untuk menentapkan status tersangka dalam Kasus Susur Sungai, peyidik butuh waktu hingga 1 (satu) tahun lebih lamanya dan pada hari ini (Selasa 22/11/2022), lanjutnya, kasusnya sudah diyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Negeri Ciamis.

“Setelah 1 (satu) tahun lamanya, Kasus Susur Sungai diyatakan lengkap oleh peyidik dan menetapkan satu orang tersangka yaitu R (P) status Guru dan Pembina Pramuka di MTS Harapan Baru Cijantung Ciamis,” jelasnya.

Kejari mengungkapkan, kronologis kejadian waktu itu, berawal dari kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dengan melibatkan siswa dan siswi yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka untuk mengikuti kegiatan Susur Sungai di Sungai Cileueer yang berlokasi di RT 01 RW 01 Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

“Karena kelalaiannya, telah meyebabkan 11 orang siswa dan siswi MTS Harapan Baru Cijantung Ciamis meninggal dunia, R ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini dilakukan penahanan,” tuturnya

Atas perbuatannya tersebut, ujar Kajari, R akan dikenakan pasal 359 KHUPidana (Karena kesalahan atau kelalayan menyebabkan orang lain mati atau meninggal dunia) dengan ancaman maksimal 5 Tahun kurungan penjara, tandasnya.

Diungkapkan, tersangka saat ini sebagai tahanan kejaksaan Negeri Ciamis dan dititipkan di Ruang Tahanan Polres Ciamis untuk mempermudah Kejaksaan dalam memproses saat persidangan nanti.

“Minggu depan, kasusnya sudah bisa di limpahkan ke Pengadilan Negeri Ciamis, untuk di sidang,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90