Kedatangan Anies ke Tasik dan Ciamis, Suara Prabowo “Terancam Tergerus” di Priatim ?

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Tono Efendi

Koran Sinar Pagi, Kota Tasikmalaya,-
Melihat antusiasme ribuan warga menyambut kedatangan calon Presiden Anies Baswedan, di Priangan Timur (Priatim) Tasikmalaya dan Ciamis. tentunya harus menjadi perhatian serius dari kubu calon Presiden Prabowo Subianto.

Karena simpul simpul yang turun menyambut Anies Baswedan di Tasikmalaya maupun Ciamis sebagian besar sama dengan mereka yang mendukung Prabowo di pemilihan presiden 2019 lalu.

“Saya melihat ribuan warga yang turun menyambut Pak Anies ini, sebagian besar orang yang sama dalam memberikan dukungan Prabowo ketika pilpres yang lalu. Ini harus menjadi catatan, bagi kubu Prabowo. Sangat mungkin suara Prabowo di Priangan Timur, tergerus,” kata Dr.H.Undang Sudrajat, pemerhati masalah politik yang juga dosen di beberapa perguruan tinggi, Minggu (20/11/2022) siang, kepada Koran Sinar Pagi.

Keterangan Foto : Dr.H.Undang Sudrajat, pemerhati masalah politik

Sebagaimana diketahui selama dua hari Sabtu dan Minggu, masih kata Undang, kedatangan mantan Gubernur DKI itu ke Tasikmalaya dan Ciamis, ternyata disambut hangat serta antusiasme oleh warga.

Beberapa tokoh yang mendukung maupun tergabung dalam relawan Anies, sebagian besar di pilpres lalu adalah pendukung Prabowo.

Mereka memberikan dukungan ke Anies, bisa jadi karena kecewa setelah Prabowo gabung ke Jokowi. Padahal, mereka ini telah menarik batas beda pilihan dengan Jokowi, katanya.

Kekecewaan itu, terobati dengan kehadiran Anies yang memang dinilai sebagai lawan dari pemerintahan Jokowi sekarang.

Kedua, ada nafas yang sama antara Anies dengan pendukung sekarang yaitu sama sama sebagian bagian dari santri atau cendekiawan muslim. Kelompok pesantren maupun muslim.kelas menengah di Priangan Timur,

“Sehingga, Anies mendapat dukungan dari kelompok pesantren maupun kelas menengah muslim, ” imbuhnya.

Kelompok ketiga yang kini dukung Anies, yaitu mereka yang dulu mendukung Jokowi tetapi merasa kecewa, karena janji untuk penguatan KPK dan lainnya, tidak ada.

“Pa Anies dinilai sosok jujur bisa menebus kekecewaan dari pendukung Jokowi. Makanya, terlihat dari dulu yang dukung Pak Jokowi juga ada hadir di tengah kubu Anies,” ucapnya.

Kota Tasikmalaya sendiri punya nilai sendiri bagi Prabowo di pilpres 2019, karena daerah ini menang telak 73,76 persen.

Sedangkan di Ciamis suara Prabowo masih unggul, namun tidak sebesar di Kota Tasikmalaya. Suara Prabowo 59 persen. Di Kabupaten Tasikmalaya Prabowo juga menang.

“Namun dengan hadirnya Anies di Tasik dan Ciamis, tentunya harus menjadi perhatian serius bagi kubu Prabowo. Terutama agar perolehan suaranya di Priangan Timur tidak terjun bebas,” pungkas Undang.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90