Pelaku Pembuang Bayi Akhirnya Ditangkap Polisi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar berhasil mengamankan tersangka tindak pidana pembuangan bayi hingga meninggal.dunia Tersangka berhasil diamankan pada tanggal 2 November 2022 kemarin.

“Kami pada hari Rabu, 2 November 2022 telah mengamankan diduga pelaku pembuang bayi dan telah ditetapkan sebagai tersangka pelaku,” kata Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., didampingi Kasi Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena NEB, dan KBO Reskrim Ipda Ateng dalam konferensi pers di Mapolres Ciamis, Kabupaten Ciamis, Kamis (03/11/2022).

Kapolres mengungkapkan kasus ini sebagaimana tindak lanjut penemuan bayi di sungai pada hari Jumat 28 Oktober 2022.Bayi tersebut ditemukan di Kalianyar, Cibeureum, Sindangrasa, Ciamis, Jawa Barat.

Kapolres Ciamis mengungkapkan, “Diduga pelaku merasa malu karena hamil dan menyadari kehamilan tersebut beberapa bulan lalu awalnya pelaku merasa ada yang aneh dalam perutnya tapi tidak merasakan kehamilan.

Sehari sebelum melakukan lahiran di persawahan yang berjarak 500 meter dari rumah tersangka, kemudian pelaku membawa anak yang dilahirkan di lokasi sungai yang tidak jauh dari tempat dia melahirkan,” kata AKBP Tony Prasetyo.

“Saat itu Pelaku meninggalkan anak yang dilahirkanya di sungai, dan dibiarkan dalam keadaan telungkup. Ketika pelaku merasa anak itu tidak nangis lagi kemudian pelaku meninggalkan tempat tersebut” ucap Kapolres

Lebih lanjut Kapolres mengatakan Tindakan yang dilakukan tersangka dikenakan Pasal 76 huruf (c) Jo 80 Ayat (3) UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan/atau 306 dan/atau 308 KUHPidana,dengan ancaman hukuman maksimal 15 Tahun penjara. “Setiap orang dilarang menempatkan membiarkan melakukan kekerasan terhadap anak, dan barang siapa yang menaruh anak agar terbebas dalam pemeliharaan anak sehingga menyebabkan orang itu mati”.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90