Geliat Menulis Kepala SMA Negeri di Kabupaten Bogor

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Asep Anwar, S.Pd., M.M.
(Kepala SMAN 3 Kabupaten Bogor)

Literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kualitas Literasi akan mampu meningkatkan dan menentukan kualitas kehidupan secara umum.

Dalam perspektif pendidikan, secara spesifik kualitas Literasi yang baik akan meningkatkan kualitas pendidikan yang menjadi dunia yang kita geluti selama ini.

Berdasarkan pengamatan pribadi, saya ingin mengatakan bahwa geliat berliterasi di kalangan Kepala Sekolah di Kabupaten Bogor sedang tumbuh dan berkembang secara luas.

Seorang sahabat bernama Dr. Dudung Nurullah Koswara-lah yang menjadi “kelelawar” pemencar biji-bijian (bibit) dan “Polinasi Literasi” sekaligus sebagai “aktor penting” yang membuahkan penulis-penulis produktif di kalangan kepala sekolah.

Sebut saja beberapa diantaranya adalah Drs. Taopik, M.Ag. (Kepala Sekolah SMAN 1 Leuwiliang), yang telah menghasilkan 9 buku hanya dalam waktu 10 bulan saja. Dr. Raya Erwana, M.Pd. (Kepala Sekolah SMAN 1 Cigombong), dan sederet penulis lain seperti Elis Nurhayati, M.Pd., Fitriyani, M.Pd., Jajang Hidayat, S.Pd., Amat Aswandi, M.Pd. dan penulis-penulis lain yang turut serta menuangkan ide-ide dan pandangannya dalam buku ini.

Saya yakin, proses tumbuh dan berkembangnya geliat berliterasi ini, suatu saat nanti akan berbuah manis, berupa meningkatnya kualitas pendidikan di Kabupaten Bogor.

Sebagai pembaca, saya patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepala sekolah yang telah berani mengubah dunia melalui tulisan-tulisannya.

Dengan demikian, literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan menjadi keniscayaan dalam perkembangan pendidikan di Kabupaten Bogor.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90