Barqilatief Mujasir Guru Muda Terbaik

Oleh : Dudung Nurullah Koswara

Adalah Bapak Barqi, panggilan anak didiknya berhasil menjadi guru yang lolos program Pemba TIK (Pembelajaran Berbasis TIK) Kemdibud Ristek area Provinsi jawa Barat pada tahun 2022 ini. Ia adalah diantara guru Indonesia yang punya semangat mengajar dan belajar sangat baik.

Semangat mengajarnya terlihat sangat tinggi saat dua tahun yang lalu asbab pandemi Covid-19. Ia termasuk guru yang meneriakan “Semua guru harus rajin ke sekolah dan jangan takut Covid-19”. Ia mengatakan anak didik harus belajar di sekolah, walau tetap waspada dan terapkan protokoler kesehatan.

Semangat belajarnya terlihat saat keseharian dan ikut sertanya dalam program Pemba TIK level 4 Provinsi jawa Barat dan giat Apresiasi GTK Kemdikbud Ristek tahun 2022 ini. Asbab semangat belajar, Ia terpilih satu-satunya guru SLTA dari kabupaten Bogor yang lolos program Pemba TIK level 4 Provinsi Jawa Barat.

Ia pun di sekolah tempat kerjanya, selalu diminta bantuan oleh kepala sekolah terkait komputasi dan aplikasi terkait pembelajaran. Barqi adalah putra seorang keluarga guru. Ia bangga menjadi guru dan sangat mencintai anak didiknya.

Sosok Barqilatief Mujasir tentu masih banyak kekurangan dan keterbatasan, namun Ia adalah pembelajar yang berusaha keras memperbaiki kapasitas dirinya. Prof. Renald Kasali mengatakan usia muda punya kesempatan terbaik.

Sosok Barqilatief Mujasir adalah guru muda yang punya kesempatan jauh ke depan untuk menjadi guru terbaik. Tidak mustahil kelak guru-guru muda akan menjadi pemimpin pembelajaran terbaik di setiap satuan pendidikan.

Guru masa depan adalah guru muda terbaik saat ini yang punya compassion dan computational thinking. Plus sangat mencintai anak didiknya melebihi egoisme diri dan subjektifitas diri. Allah membersamai guru-guru terbaik, Allah memberi keberkahan asbab anak didik.

Pos terkait