Mengenali Sosok Elan Suherlan

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dudung Nurullah Koswara

Menjadi kepala sekolah bagi sosok H. Elan Suherlan adalah sebuah panggilan hati. Baginya menjadi kepala sekolah bagian dari sisi pengabdiannya pada Ilahi melalui manajerial dan kepemimpinan pembelajaran.

Elan Suherlan lahir di Cianjur, 13 Nopember tahun 1965. Ia seorang guru yang berhasil meraih karir sebagai kepala sekolah. Menjadi seorang kepala sekolah jenjang SMAN tentu tak mudah. Luar biasa Beliau sudah berpengalaman berbakti di 5 sekolahan.

Kini Ia bertugas di SMAN 1 Tajurhalang. Sosok Elan Suherlan adalah sosok yang disiplin, tegas tapi humanis. Ia juga adalah tipe pemimpin yang punya sejumlah hobi. Diantara hobinya adalah bernyanyi. Plus Ia pun senang berorganisasi.

Terutama organisasi PGRI sangat Ia cintai. Ia aktif mendukung organisasi PGRI di wilayah sekolahnya. Sosok Elan sangat paham bahwa organisasi PGRI adalah organisasi yang memperjuangkan martabat guru. Elan pun memahami bahwa TPG yang didapatkan para guru adalah diantara hasil perjuangan PGRI.

Moto Beliau adalah MB BM MB. Artinya adalah MB Mau Berubah. BM Bahagia Menghasilkan. MB Mulai Benahi. Hidup bagi sosok Elan harus berubah, menghasilkan, membenahi. Ia memberi keteladanan bagi guru untuk selalu siap berubah, produktif, bahagia dalam bekerja dan berjiwa membenahi.

Ia pun mengatakan, “Menjadi manusia hebat itu perlu, tetapi menjadi manusia yang bermanfaat untuk semua orang lebih perlu”. Ungkapan ini menjelaskan bahwa siapa saja boleh menjadi orang hebat, berprestasi dan berkuasa bahkan kaya raya. Namun, hal terpenting adalah apakah kita bermanfaat bagi orang lain?

Di sekolahnya sosok Elan Suherlan menjadi punya giat khas, unik dan efektif dalam mengelola kemajuan sekolah. Apa itu? Tiadalah lain adalah Gerakan PRM. Apa PRM? PRM adalah singkatan dari Pertemuan Rutin Mingguan. Mungkin beliau meniru sistem kaizen Jepang yang melakukan refleksi dan perbaikan terus menerus.

PRM adalah sebuah giat mengevaluasi kegiatan satu pekan ke belakang dan merencanakan kegiatan satu pekan ke depan. Berkat PRM dampaknya luar biasa. Ada sebuah upaya adaptasi dan menjawab tuntutan perubahan dan layanan pendidikan dalam setiap pekan.

Selamat berjuang dan sehat selalu Elan Suherlan. Sosok yang humanis, disiplin dan berusaha menjadi pemimpin pembelajaran yang baik. Dunia masa depan akan lebih baik saat mayoritas para pemimpin pembelajaran serius dan dedikatif pada dunia layanan pendidikan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90