Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Resmi Buka PORKAB III

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Heri Kusnadi

Kabupaten Ogan Ilir – Kendati sempat tertunda akibat pandemi covid 19, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) lll Ogan Ilir (OI) tahun 2022 yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI OI) akhirnya bisa terlaksana. Berpusat di stadion Caram Seguguk, Tanjung Senai Indralaya, Porkab lll Ogan Ilir resmi dibuka Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H, Kamis, (22/9/2022)

Ditandai dengan penekanan sirine secara bersamaan oleh Bupati Panca, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda OI) Mukhsin Abdullah, Ketua Koni OI Aswan Mufti, ST, M.Si, Ketua Pordasi OI A.W. Noviadi, S.Pi., M.Si, Forkopimda, dan Dewan Kehormatan KONI OI, Forkab lll OI siap diselenggarakan.

Pada grand Opening Ceremony Porkab III ini dimeriahkan dengan pertunjukan tari massal para pelajar, ada pula arak-arakan berupa narasi defile kontingen dari 16 Kecamatan peserta Porkab III, serta atraksi para atlet cabor beladiri (taekwondo, karate, dan pencak silat).

Selain itu, berlangsung pula acara penyerahan piala bergilir yang pada Porkab ke ll berhasil diraih Kecamatan Indralaya. Penyerahan piala bergilir secara estafet diserahkan oleh Camat Indralaya Ahmad Lamsari kepada Bupati Panca lalu diserahkan kembali ke Ketua Koni Ogan Ilir.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Umum KONI Sumsel, H. Hendri Zainuddin beserta rombongannya, para Camat, para Kepala desa, dan tamu penting lainnya. Rencananya Porkab lll OI ini akan ditutup pada 29 September 2022 mendatang.

Sebanyak 10 Cabor (cabang olahraga) akan dipertandingkan dan diperebutkan oleh para atlet dari 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir dalam Porkab lll Ogan Ilir tahun 2022.

Adapun kesepuluh cabor dan venue pertandingannya ialah sepakbola (Stadion Caram Seguguk Tanjung Senai), bola basket ( Basket Outdoor KPT Tanjung Senai), bilyard (Guest House Rumah Dinas Bupati), bulutangkis (GOR Ponpes RU Sakatiga), taekwondo (Aula MAN 1 Ogan Ilir, Sakatiga).

Cabor selanjutnya, futsal ( Lapangan Prioritas Indralaya), tenis meja (Aula PSBR Indralaya), dan karate (Gedung Serba Guna Caram Seguguk Pemkab lama), serta pencak silat di Padepokan Patoni Tanjung Pering.

Di kesempatan itu, Bupati Panca sempat mengatakan agar kiranya para Kades dan Camat mau menyisihkan sedikit anggarannya untuk lebih peduli terhadap dunia olahraga di Kabupaten Ogan Ilir ini.

Menurutnya, acara olahraga ini tidak hanya semata mencari bibit atlet saja namun menimbulkan dampak positif lainnya, seperti mempererat jalinan silaturahmi dan mendongkrak perekonomian bagi pelaku UMKM di Kabupaten Ogan Ilir.

“Luar biasa Porkab tahun ini bisa berlangsung semeriah ini. Untuk itulah, saya minta pada pak Sekda agar tahun depan anggaran bagi Koni ini dinaikkan 2 kali lipat agar pelaksanaan Porkab nantinya bisa lebih meriah lagi dibanding tahun ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Bupati pun berharap agar para Kepala Sekolah juga tak hanya mengurus soal bangunannya saja namun juga harus lebih memperhatikan lagi dunia olahraga di tingkat sekolah dengan kegiatan ekstrakurikuler.

“Harapan saya agar tiap-tiap Sekolah untuk mengaktifkan dan menghidupkan kembali ekstrakurikuler. Selain mengurangi rasa jenuh bagi para siswa, ekskul ini dapat memacu siswa agar lebih semangat dan bisa mengembangkan bakatnya,” Harapnya. .

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90