Danlantamal IX Berikan Pesan Khusus Keoada Pejabat Danlanud Pattimura Baru

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Anis M

Kota Ambon – Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menghadiri upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama TNI AU (Danlanud) Pattimura bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanud Pattimura, kota Ambon, Maluku. Kamis (22/09/2022)

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Panglima Komando Operasi Udara III (Pangkoopsud III) Marsekal Muda TNI Dr. T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A. Kolonel Pnb Tiopan Hutapea S. Sos., M. A. P., secara resmi menggantikan Kolonel Pnb Andreas Ardianto Dhewo, M. Sc., M. Si (Han) sebagai Komandan Lanud Pattimura.

Dalam sambutannya, Pangkoopsud III Marsekal Muda TNI Dr. T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., menyampaikan bahwa tugas pokok TNI Angkatan Udara, yang dibebankan kepada Koopsud III dan diteruskan Lanud-lanud jajaran, terutama Lanud Pattimura adalah menyiapkan personil dan pendukung untuk dapat mendukung pelaksanaan operasi yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Jika kita melihat perkembangan lingkungan strategis baik di laut Cina Selatan, ke selatan kita ke arah pasifik, personil TNI AU haruslah waspada”, tutur beliau.

“Yang perlu diwaspadai saat ini adalah apa yang akan dan dilaksanakan oleh pihak-pihak lain untuk melemahkan TNI dalam hal ini khususnya TNI AU. Perang tidak akan begitu saja terjadi namun upaya melemahkan akan terus dilaksanakan. Hal ini dapat kita lihat dari sejarah di mana Inggris memasok candu ke China sehingga rakyat dan tentaranya terpengaruh hingga menurunkan kesiapan keseluruhan dari kekuatan kekaisaran Cina”, tambah Pangkoopsud III.

Untuk itu kepada Komandan Kolonel Hutapea, dirinya mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesiapan operasi dalam skala besar. Pada kesempatan yang sama, Marsekal Muda TNI Dr. T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., mengucapkan terimakasih kepada Komandan Lanud Andreas Dhewo atas pencapaian dan apa yang telah ditoreh Komandan Lanud lama.

“Selaku Pangkoopsud III, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Kolonel Dhewo atas pencapaian, ini tidaklah mudah dengan susunan DSP yang 43% dari kekuatan yang seharusnya mengisi Lanud Pattimura untuk mencapai target tersebut dan saya percaya hal ini adalah etos kerja dan melebihi 100% yang diberikan oleh Komandan Lanud yang lama”, tutur Pangkoopsud III.

Pangkoopsud III mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Pangdam, Kapolda dan segenap Forkopimda atas bimbingan kerjasama yang diberikan kepada Kolonel Dhewo. Atas kerjasama dan bimbingan tersebut, Kolonel Dhewo dapat melaksanakan tugas pokok dengan melebihi pencapaian.

Kepada Komandan Lanud yang baru Kolonel Pnb Hutapea, Pangkoopsud III berharap agar dapat meneruskan pencapaian Danlanud lama sehingga dapat berkembang dan melebihi pencapaian yang bersangkutan.

Pada kesempatan yang sama, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan, “Selamat datang kepada Kolonel Pnb Tiopan Hutapea di bumi raja-raja, tetap jaga soliditas antar sesama TNI dan sinergitas dengan satuan samping serta masyarakat”, tutur beliau.

Turut Hadir dalam upacara tersebut, penjabat Sekda Provinsi Maluku Sadli Ie, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, S.E., M.M., Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif., S.H., M.Hum, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., Kepala BNN Maluku Brigjen Pol. Rohmad Nurasyid, Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H., Kepala SAR Ambon Mustari, Kabid Operasi Zona Bakamla Timur Kolonel Bakamla Eko Deni Hartono, S.H., Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Pjb. Walikota Ambon Bodewin M. Wattimena.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90