Akibat Pipa Saluran Air Terlalu Kecil, Petani Jebol Pekerjaan BBWS

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Proyek Saluran Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) di Lakbok Utara sudah hampir rampung dikerjakan, namun petani mengaku kecewa, pasalnya saluran air yang ke pesawahan ditutup dan hanya menyisakan lubang kecil dengan menggunakan pipa paralon, akibatnya pasokan air pun tidak mencukupi, sehingga petani menjebol tembok yang sudah kokoh tersebut dengan menggunakan pahat, linggis dan palu.

Penjebolan saluran air yang berlokasi di Dusun Suka Bagja, Desa Kelapa Sawit Kecamatan Lakbok yang dilakukan warga sekitar pukul 15:30 tersebut diduga karena perusahaan sebelumnya tidak mensosialisasi tentang pekerjaan tersebut dan tidak menerima keluhan masyarakat.

Kepala Dusun Suka Bagja, Kokon yang melihat penjebolan saat dirinya melintas disekitar lokasi tersebut mengaku tidak bisa berbuat apa – apa.

“Saya tidak berani untuk melarang, memang saat ini air tersebut sangat diperlukan bagi petani, ucapnya.

Kokon mengatakan, sebelum dilaksanakan pekerjaan, pihaknya sudah mengusulkan di titik tersebut dibuatkan pintu air karena sangat dibutuhkan masyarakat, namun malah ditutup dan hanya dipasangi lubang seukuran pipa paralon.

“Kami sudah mengusulkan dari jauh – jauh hari sebelum proyek ini berjalan untuk dibuatkan pintu air, dengan harapan bisa mengatur air masuk ke pesawahan, namun sampai saat ini usulan kami diabaikan, nah kalau sudah begini kami tidak bisa apa- apa, dikarenakan kebutuhan air bagi petani cukup banyak, sedangkan saluran yang di pasang hanya menggunakan pipa kecil,” ungkapnya.

Dengan kejadian tersebut www.koransinarpagijuara.com menyampaikan keluhan petani tersebut dengan mengirimkan video kepihak PPK BBWS namun tidak ada tanggapan sama sekali.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90