Jabar Juara, Jabar Mengudara

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dr. Dudung Nurullah Koswara, M.Pd.
(Praktisi Pendidikan)

Setiap pemimpin ada bawaannya. Termasuk Gubernur Jawa Barat dan Kadisdik Provinsi Jawa Barat membawa berkah bagi anak didik. Tahun ini Jawa Barat “mengudara” di langit nasional menjadi juara umum O2SN. Ini satu pencapaian kolosal yang sangat tak mudah, butuh “berpayah-payah” dalam latihan dan kompetisi.

Jabar sukses mendulang 9 medali emas, 4 medali perak dan 5 perunggu. Perolehan ini menempatkan Provinsi Jawa Barat dalam O2SN menjadi yang terbaik di tahun 2022. Jawa Timur di urutan dua, disusul DKI Jakarta urutan tiga. Bagai melihat barisan kepala daerah saja. Urutan pertama Ridwan Kamil, Khofifah dan Anies Baswedan. Tiga gubernur terbaik.

Jabar juara adalah sebuah realitas prestatif yang sebelumnya sudah dipompakan secara mental oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kadisdik Jawa Barat Dedi Supandi, dalam spirit “Jabar Juara Lahir Batin”. Spirit, motivasi dan seruan para pemimpin akan sangat berpengaruh pada rakyatnya. Terutama rakyat entitas pendidikan di giat O2SN.

Bila kita lihat ke realitas sekolahan, ternyata para guru dan anak didik telah berhasil membuktikan mereka bukan juara daerah, bukan juara kandang. Mereka (guru dan anak didik) adalah juara nasional. Anak didik dalam bimbingan para guru, mengudara di langit Republik Indonesia. Tentu saja terkait kolaborasi antara Kasatdik, Kacadik dan pihak terkait lainnya di Jawa Barat.

Jabar Juara, Jabar Mengudara dalam langit prestasi. Kita doakan semoga slogan Jabar Juara Lahir Batin mampu terus memberi spirit dan nafas kompetitif bagi semua anak didik dan GTK di wilayah Jawa Barat. Ada ungkapan “Gambar mewakili 1000 kata-kata, karya mewakili 10.000 kata-kata”. Maka prestasi adalah ungkapan yang mengatakan, “Prestasi mewakili 1 juta kata”.

Mengutip pendapat Kadisdik Dedi Supandi yang pernah mengatakan, “Kita tidak bisa leha-leha, harus merapatkan barisan”. Ungkapan ini adalah ajakan Sang Pemimpin yang harus diikuti agar Jabar Tetap Juara Lahir Batin dalam berbagai bidang. Ingat pula ungkapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengajak kita untuk menjadi “Pribadi Antisipatif”. Mengantisipasi berbagai hal untuk kebaikan Jawa Barat.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90