Peresmian Revitalisasi Situ Rawa Kalong Oleh Gubernur Jabar dan Walikota Depok

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Anis M

Kota Depok – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Walikota Depok, Mohammad Idris meresmikan revitalisasi Situ Rawa kalong yang terletak di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jum’at (5/8/2022).

Situ Rawa Kalong keberadaannya saat ini, tampil beda dari tahun sebelumnya, apalagi pasca dilakukan revitalisasi wajah situ tersebut terlihat Indah dan menarik, kedepannya banyak pihak menilai Situ Rawa Kalong sangat cocok jadi Distinasi wisata dan menjadi kebanggaan Masyakat Kota Depok.

“Setu Rawa Kalong ini fungsi utamanya sebagai irigasi, untuk itu kualitas airnya harus slalu dijaga,” kata Ridwan saat meresmikan didampingi Walikota Depok Mohammad Idris.

Ridwan Kamil menegaskan, karena Situ Rawa Kalong melewati daerah yang sangat padat penduduk, maka harus dijaga kebersihannya.

“Tolong dijaga kebersihan dan ketertiban dari Setu ini agar slalu terawat dengan baik,” ujarnya.

Orang nomor satu di Jawa Barat tersebut meminta untuk menjaga kebersihan ini kalau ada sampah dikumpulin dulu baru di masukkan ketempat sampah.

Selain itu, fungsi Setu ini menurut Ridwan Kamil sebagai fungsi lingkungan dan sosial.

Sementara Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan, kami warga masyarakat Kota Depok mengucapkan ribuan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang begitu atensi, yang begitu perhatian kepada masyarakat Depok.

Dengan adanya revitalisasi ini diharapkan Situ Rawa Kalong menjadi multifungsi, baik itu  Destinasi Wisata selain menyediakan air baku, juga fungsi sosial ekonomi.Maka perlu kolaborasi semua pihak dalam rangka memelihara Setu ini yang sudah direvitalisasi, jelas M.Idris.

Underpass Dewi Sartika akan selesai tahun ini, ujarnya, dan di Margonda ada Mesjid Raya juga kolabirasi dari Pemerintah Kota Depok yang sidesign langsung oleh Gubernur Jawa Barat, begitu

“Inysa Allah kita juga kita memiliki Masjid besar di Jatijajar diterminal Jatijajar, yang berkolaborasi dengan NJO dengan beberapa negara di Timur Tengah,” paparnya.

“Setu Rawa Kalong yang telah direvitaliasasi ini seiring berjalan dengan pemulihan ekonomi saat terdampak pandemi kemarin. Melalui revitalisasi ini sebagai bentuk upaya konservasi serta pengamanan aset yang ada di sungai Cisadane, disamping pengembang wisata,” ucapnya.

Ditempat lain, Yadi salah satu warga yang tinggal disekitaran Situ Rawa Kalong menyambut baik diresmikannya revitalisasi dan berjanji pihaknya akan ikut merawat keberadan Situ Rawa Kalong.

“Saya bersama warga disini sangat menyambut baik,dan kami akan ikut menjaga kebersìhan area Situ,” kata Yadi.

Yadi menuturkan lokasi Situ Rawa Kalong sekarang banyak yang datang walaupun hanya sekedar rekreasi.rata-rata dari wilayah Depok.apalagi saat ini keberadaan situ sudah banyak kemajuan sangat indah dan nyaman.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90