Mahasiswa KKN Tematik Uniga Gelar Lokakarya di Desa Simpen Kidul

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Fitri

Kabupaten Garut – Kelompok KKN Tematik Universitas Garut (Uniga) Desa Simpen Kidul, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut melaksanakan lokakarya dengan tema “Ekonimi Kuat,Masyarakat Sehat” yang dihadiri oleh Pemerintah Desa di MA Plus Al-Furqon, Selasa (02/08/22).

Sebelum dilaksanakan Lokakarya, Bustomi Ketua Kelompok 41 memaparkan dalam persiapan pelaksanaan KKN selama 30 hari kedepan telah dirancang dengan baik dan akan menjalankan beberapa program yang solutif atas permasalahan yang ada di Desa Simpen Kidul.

“Dari kelompok 41 mengenai persiapan KKN disiapkan dengan baik, mulai dari mengenal atau mengetahui demografi, jumlah posyandu, jumlah RT/RW ada berapa, kemudian menyusunan proker baik itu proker harian, mingguan, maupun proker unggulan” kata bustomi

Menurutnya, Terdapat tiga focus program yaitu stunting, ekonomi kreatif, dan literasi media. Merujuk pada kesimpulan bahwa stunting kemungkinan disebabakan oleh beberapa factor yaitu pola asuh, ekonomi, keturunan, dan pernikahan dini, Lalu mengenai literasi media yang hubungannya dengan bagaimana cara menggunakan HP maupun teknologi lainnya dengan baik, sehingga dapat menimbulkan dampak yang positif dan tidak mudah termakan berita hoax.

Bustomi berharap dengan segala potensi yang ada di Desa Simpen Kidul mengenai ekonomi kreatif agar dapat dipasarkan secara lebih luas dengan adanya marketplace, selain itu tomi berharap agar adanya bentuk kerja sama yang baik dengan pihak desa.

“Kemudian mengenai ekonomi kreatif yang hubungannya dengan umkm agar dapat dipasarkan secara lebih luas melalui market place. Masyarakat desa simpen kidul diharapkan agar kehidupannya lebih sejahtera berdasarkan pemanfaatan segala potensi yang dimiliki baik itu pertanian, Kesehatan, dan umkm. Diharapkan desa dapat melengkapi pasilitas sarana maupun prasarana,” ungkapnya

Selain itu Kepala Desa Simpen Kidul, Kosim menyampaikan dengan adanya mahasiswa yang KKN dapat memberikan semangat terutama masalah stunting, ekonomi kreatif, dan literasi media yang harus di sosialisasikan kepada masyarakat.

“Loka karya yang barusan dilaksanakan allhamdulilah bisa membuat desa simpen kidul ada semangat terutama factor masalah stunting maupun masalah ekonomi kreatif juga masalah literasi media yang mungkin diperlukan masyarakat terutama adik-adik anak sekolah mungkin perlu adanya sosialisasi ke sekolah-sekolah,” ucap Kosim.

Kemudian Kosim berharap agar mahasiswa yang sedang KKN di Desa Simpen Kidul dapat melihat kekurangan atau kelebihannya untuk bisa dievaluasi sehingga Desa Simpen Kidul mengalami kemajuan.

“Mudah-mudahan ada kemajuan ada peningkatan untuk kedepannya desa simpen kidul. Harapan untuk mahasiswa yang sedang KKN di desa simpen kidul mudah-mudahan setelah adanya mahasiswa KKN disini ada kemajuan kedepannya pada tahun 2023 mungkin, di desa simpen kidul ada kekurangan dan kelebihannya. Untuk kekurangannya nanti bisa dievaluasi oleh mahasiswa,” ucapnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90