18 Calon Praja IPDN Angkatan 33 Resmi Diberangkatkan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, PANGKALPINANG,- Setelah melalui tahapan seleksi, Selasa (26/7/2022) sebanyak 19 calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Bangka Belitung (Babel) angkatan 33 diberangkatkan ke Jatinangor, Sumedang Provinsi Jawa Barat untuk mengenyam pendidikan.

Keberangkatan para calon praja ini dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Naziarto yang didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Susanti di Bandara Depati Amir.

Dalam kesempatan itu, Sekda menyampaikan pesannya kepada calon praja agar dapat menjaga nama baik Babel selama mengikuti pendidikan.

“Dengar dan laksanakan imbauan saya dengan cara belajar yang rajin, bertindak benar, ciptakan hubungan silaturahmi yang baik antara sesama pelajar dan kejar prestasi guna mengharumkan Negeri Serumpun Sebalai Provinsi Babel yang kita cintai dan banggakan ini,” ungkapnya.

Ia meyakini, 19 calon praja ini merupakan hasil seleksi rekrutmen yang adil, objektif, serta dapat diandalkan menjadi putra-putri terbaik saat ini, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi daerah, orang tua, dan masyarakat.

“Atas keberhasilan ini jangan menjadi suatu kesombongan yang mengakibatkan kerugian bagi calon praja sendiri. Saya juga berharap kepada orang tua atau wali calon praja untuk dapat melepas keberangkatan anak-anaknya dengan ikhlas guna mencapai masa depan yang gemilang. Dan tak lupa juga berikan doa dan kasih sayang semoga kelak dapat berguna bagi nusa bangsa dan negara,” ucapnya.

Sekda juga menuturkan, bahwa IPDN merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah untuk membentuk sumber daya manusia di masa yang akan datang baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

“Untuk mendukung hal tersebut, maka penerima calon Praja IPDN harus dilaksanakan secara objektif didasarkan atas syarat-syarat yang telah ditentukan,” paparnya.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut berbagai proses panjang yang telah dilalui oleh calon praja IPDN Babel mulai dari tes kompetensi dasar yang menggunakan sistem computer assisted, test kesehatan, tes psikologi integritas dan kejujuran serta pantukhir.

“Alhamdulillah dari seluruh rangkaian tes yang telah dilaksanakan telah tersaring 19 orang putra putri terbaik Babel yang dinyatakan lulus terdiri dari 18 orang lulusan berdasarkan hasil pantukhir 34 provinsi serta 1 orang lulus berdasarkan afirmasi nasional yang Insya Allah seluruh calon Praja akan melaporkan dari serta melaksanakan registrasi calon Praja IPDN pada hari ini tanggal 26 Juli 2002 bertempat di kampus IPDN Jatinangor,” jelasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90