Dinas Perhubungan Ambon Normalisasi Jalur Trayek Angkot

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Roy P

Kota Ambon – Menindaklanjuti rencana Pemerintah Kota Ambon melakukan normalisasi Trayek Angkot sitem AB di jalur Stayn, Himpunan Pengusaha Angkot (HPA) mengadakan sosialisasi, di gedung Aula SMP 14 Ambon, Kebon Cengkeh, Sabtu (02/07/22).

Menurut Ketua Himpunan Lengusaha Angkutan Kota Ambon, Abdurahman, S.Sos, trayek yang selama ini berlaku menjadi polemik antara majikan dan sopir, dan ini harus disikapi oleh Dinas Perhubungan.

“Keputusan akhirnya untuk trayek angkutan jurusan Stayn Ambon normal kembali, tidak ada lagi sistem operasinya AB, dengan prinsip masalah setoran dikembalikan kepada pemilik atau pengusaha angkot,” katanya.

Ditambahkan, pemilik angkot atau majikan tidak boleh mengabaikan hak-hak sopir, demikian juga dengan sopir, sebagai karyawan harus menghargai hak majikannya.

“Jadi dalam hal ini tidak ada yang merasa dirugikan,” tegasnya.

Diungkapkan, sesuai hasil rapat, apapun bentuknya surat edaran dari Pemerintah Kota Ambon, wajib dijaga dan dipatuhi.

“Kita tidak bisa bantah, apapun bentuknya itu sudah yang terbaik, yang diberikan pemerintah dengan menormalisasikan trayek tersebut, dan kalau sistim trayek AB di berlakukan lagi, maka akan ada banyak penumpang yang terbengkalai, HPA tidak mau memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa angkot,” tuturnya.

Sementara salah satu sopir angkot, mengeluhkan kondisi jalan yang rusak disepanjang trayek Stayn.

“Disepanjang jalur Stayn banyak sekali titik jalan yang rusak, kondisi ini selain bisa membahayakan masyarakat pengguna kendaraan umum, juga mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang, dan hal ini sangat berpengaruh kepada kita sebagai sopir angkot, untuk itu kami minta Pemerintah Kota Ambon turun kelapangan untuk melihat kondisi jalan yang sebenarnya,” katanya.

Selain itu ia juga meminta pemerintah, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Ambon untuk menertibkan angkot liar di jalur Stayn.

“Banyak angkot yang tidak memiliki ijin trayek, yang hanya memakai surat rekomendasi beroperasi di trayek Stayn, untuk itu tolong pemerintah khusus dinas perhubungan agar melakukan sweeping terhadap angkot yang tidak memiliki ijin trayek,” tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90